Kamis 19 Jan 2023 16:46 WIB

Madu Sebaiknya Dituang Terakhir Ketika Membuat Minuman Herbal, Dokter Ungkap Alasannya

Madu juga tak direbus atau dipanaskan seperti bahan alami lainnya.

Madu sebaiknya dituang terakhir ketika membuat minuman herbal. ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Madu sebaiknya dituang terakhir ketika membuat minuman herbal. ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar kesehatan dari Persatuan Dokter Herbal Medik Indonesia dr Richard SN Siahaan menyarankan agar madu sebaiknya ditambahkan terakhir saat membuat racikan herbal atau jamu. Dia menjelaskan alasan di balik saran tersebut.

"Karena takut teroksidasi. Itu bahan akhir untuk flavour, jadi lebih aman ditaruh di akhir karena dia bahan yang memang tidak perlu diolah lagi. Bukan bahan untuk diekstraksi," kata dia dalam kegiatan Jamu Clinic di kawasan Petamburan, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Baca Juga

Menurut Richard, produksi obat herbal di pabrik pun akan menaruh pemanis pada urutan terakhir dalam pengolahan produk. Madu juga tak direbus atau dipanaskan seperti bahan alami lainnya.

Ini berbeda dengan bahan-bahan semisal jahe atau kunyit yang digunakan ekstraksinya dalam racikan herbal. Bahan-bahan ini umumnya dipanaskan bersama air dan bahan lain di atas kompor.

 

"Ketika buat bahan di pabrik, kan pemanis ditaruh terakhir, tidak dicampur bahan untuk ekstraksi. Jadi ekstraksi itu bahan yang berbeda dengan sesudah dari bentuk kemasan," kata dia yang mengaku belum tahu efek bila madu terlanjur dimasak bersama bahan-bahan lainnya.

Richard menuturkan sama seperti madu, serai juga sebaiknya ditaruh terakhir karena fungsinya sebatas meningkatkan aroma. "Sama seperti sereh, ditaruh di akhir karena itu bukan simplisia. Bahan tadi simplisia semua kan, kering. Yang satu basah (sereh), itu hanya flavour, supaya aromanya enak," jelas dia.

Menurut Kementerian Kesehatan, simplisia merupakan bahan alami yang dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional dan kecuali dinyatakan lain, berupa bahan yang telah dikeringkan. Peralatan untuk merebus simplisia tidak boleh menggunakan logam kecuali stainless steel.

Alat merebus simplisia juga sebaiknya terbuat dari kaca, keramik atau porselen. Selain itu, bahan ramuan herbal harus dicuci bersih sebelum diproses lebih lanjut dan saringan yang digunakan terbuat dari plastik atau nilon, stainless steel atau kassa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement