Senin 16 Jan 2023 17:44 WIB

500 Pohon Ditanam pada Peringatan Hari Menanam Sejuta Pohon, Kolaborasi Komunitas-AdaKami

Mangrove dapat menjadi benteng untuk mencegah tsunami.

Lokasi penanaman 500 pohon mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta Utara.
Foto: Dok. web
Lokasi penanaman 500 pohon mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ragam aksi dilakukan oleh berbagai pihak dalam memperingati Hari Menanam Sejuta Pohon yang tepat jatuh pada tanggal 10 Januari 2023. AdaKami, misalnya, berkolaborasi dengan Komunitas Mangrove Jakarta melakukan aksi tanam mangrove jenis Rhizopra Sp. Atau yang dikenal dengan tanaman bakau. 

Aksi menanam sebanyak 500 mangrove tersebut dilaksanakan di Ekowisata Mangrove PIK, Jakarta Utara, akhir pekan kemarin. Kegiatan peduli lingkungan ini diharapkan bisa memberikan kontribusi nyata dan dampak positif terhadap ekosistem mangrove dan tentunya lingkungan sekitar.

Baca Juga

Kegiatan peduli lingkungan ini dibagi menjadi dua kegiatan yaitu pembersihan sampah plastik di sekitar Ekowisata Mangrove PIK dan juga penanaman 500 mangrove jenis Rhiziphora Stylosa. Rangkaian acara penanaman diawali dengan pembekalan seputar penjelasan fungsi dan pentingnya penanaman pohon mangrove yang dijelaskan oleh Paundra Hanutama selaku Founder Mangrove Jakarta juga aktivis lingkungan. Setelah itu, dilanjutkan penanaman secara serentak yang melibatkan tim volunteer.

“Dalam rangka memperingati dan menghormati Hari Menanam Sejuta Pohon, kami memilih untuk melakukan penanaman pohon mangrove. Karena pohon mangrove merupakan pohon yang mempunyai banyak manfaat baik dari segi fisik, biologi, dan ekonomi,” ujar Jonathan Krissantosa selaku Business Development Manager Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami)

 

“Dari segi fisik, mangrove bermanfaat sebagai benteng yang dapat mencegah terjadinya tsunami. Sedangkan dari segi biologi, ekosistem mangrove bermanfaat sebagai tempat perlindungan dan tumbuh kembang hewan seperti ikan, udang dan beberapa hewan lagi. Dan tentunya dari segi ekonomi mangrove bermanfaat sebagai bahan baku dodol, sirup, gula, batik dan lain-lain,” kata Jonathan menambahkan.

“Dan kami berharap semoga kedepannya banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya fungsi pohon untuk kehidupan, sehingga banyak masyarakat yang giat melakukan penanaman mangrove guna kebaikan bumi untuk kedepannya. Semoga kegiatan kami bersama teman-teman volunteer dan tim Mangrove Jakarta bisa berjalan lancar dan dapat menyumbang mencegah terjadinya perubahan iklim.”

AdaKami dan Komunitas Mangrove Jakarta mendukung upaya pencegahan turunnya luasan hutan mangrove di Indonesia dengan melakukan penanaman mangrove, dengan menyebarkan semangat konservasi lewat aksi tanam 500 pohon Mangrove. Komunitas Mangrove Jakarta secara konsisten mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya konservasi mangrove melalui Instagram @adakami.id dan @mangrovejakarta.id

Aksi Menanam Mangrove hasil Kerjasama AdaKami dengan Mangrove Jakarta adalah sebagai bentuk komitmen kepedulian AdaKami terhadap isu lingkungan yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Upaya literasi yang dilakukan Mangrove Jakarta sejalan dengan semangat literasi dari sisi AdaKami. 

"AdaKami percaya dan berkomitmen untuk terus melakukan edukasi kepada masyarakat sebagai upaya peningkatan kualitas hidup melalui literasi keuangan digital khususnya yang berkaitan dengan Peer to Peer Lending," kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement