Ahad 15 Jan 2023 06:48 WIB

Rektor UNY: Kematian Riska tak Serta-Merta Karena Masalah UKT

UKT almarhumah sudah diturunkan. Pembayarannya juga dibantu oleh dosen FIS UNY.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Rektor UNY periode 2021-2025, Prof Sumaryanto (kanan).
Foto: Dokumen.
Rektor UNY periode 2021-2025, Prof Sumaryanto (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sumaryanto, merespons viralnya kisah mahasiswa UNY, Nur Riska, yang berjuang meminta keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) hingga meninggal. Sumaryanto membantah masalah UKT menjadi penyebab tunggal kematian Riska.

"Beberapa info tersebut tidak akurat.Almarhumah wafat salah satunya diduga ada benturan di kepala saat berolahraga dan sebelumnya ada hipertensi, tidak serta merta lantas karena masalah UKT penyebabnya," kata Sumaryanto saat dihubungi Republika, Sabtu (14/1/2023).

Sumaryanto mengatakan UKT almarhumah sudah diturunkan. Pembayarannya juga dibantu oleh dosen Fakultas Ilmu Sosial UNY.  "Saat wafat almarhumah posisinya cuti dua semester," ujarnya. 

Sumaryanto menegaskan UNY punya komitmen untuk membantu mahasiswa yang kesulitan membayar UKT. Beberapa upaya di antaranya penundaan, penurunan.  Upaya lain melalui dana dompet pendidikan, mencarikan beasiswa, mencarikan bapak atau ibu asuh. "Dalam hal ini saya sendiri siap menjadi bapak asuh," ungkapnya.

Sebelumnya Dunia maya dihebohkan dengan kisah seorang mahasiswi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNY angkatan 2020, Nur Riska, yang berjuang meminta keringanan UKT sampai akhir hayatnya. Hingga Sabtu (14/1/2023) petang, utas yang ditulis akun @rgantas telah dilihat 3,8 juta kali, dicuit ulang 18 ribu kali, dan disukai ulang 60 ribu kali. 

Pemilik akun @rgantas, Ganta Semendawai, yang juga rekan Riska dalam cuitannya menjelaskan kisah pilu yang dialami Riska. Riska berasal dari keluarga yang bukan dari kalangan berada di Purbalingga, Jawa Tengah. Orang tuanya hanya berdagang sayur gerobak di pinggir jalan. Sang Ibu harus berjuang menghidupi Riska dan keempat adiknya yang belum lulus kuliah. 

Dalam cuitannya tersebut, Ganta menuliskan bahwa Riska memiliki persoalan dalam membiayai perkuliahannya. Meskipun bukan hal yang baru di UNY, namun dalam kasus Riska dinilai berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement