Rabu 11 Jan 2023 22:12 WIB

Gunung Kerinci Masih Semburkan Abu Tebal

Dari pengamatan, terlihat kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal.

Erupsi Gunung Kerinci, Rabu (11/1/2023)
Foto: Dok Pos Pemantau Gunung Kerinci
Erupsi Gunung Kerinci, Rabu (11/1/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Gunung Kerinci di Jambi masih mengeluarkan abu setinggi 300 sampai 400 meter dari puncak gunung api tersebut hingga Rabu (11/1/2023) sore. Saat ini terpantau arah abu tersebut mengarah ke timur- tenggara yakni ke wilayah Kabupaten Kerinci. 

"Masih seperti tadi pagi, namun tidak setinggi pagi tadi, abu masih keluar dengan ketinggian 300 meter sampai 400 meter, ada penurunan dari pagi tadi yang mencapai 900 meter," kata Petugas Pengamatan Gunung Api Kerinci Irwan Safwandi Jambi, Rabu.

Baca Juga

Dari pengamatan, terlihat kolom abu warnanya kelabu dengan intensitas tebal. Diketahui erupsi Gunung Kerinci terjadi pada Rabu pagi pukul 05.46 WIB dengan ketinggian abu teramati mencapai 900 meter.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi sementara ini lebih kurang 8 menit 20 detik. Akibat erupsi ini, petugas pemantauan Gunung Api Kerinci mengimbau masyarakat sekitar Gunung Kerinci tidak mendaki kawah yang ada di puncak gunung dan beraktivitas dalam radius tiga km dari kawah aktif.

 

Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan. 

Selain itu, sejak terjadinya erupsi Gunung Kerinci sejak beberapa bulan lalu. Jalur pendakian ke puncak Gunung Kerinci ditutup.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi saat ini tengah merintis pembangunan jalur evakuasi Gunung Kerinci yang menembus wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

"Jalur evakuasi ini dirintis sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk bersiaga dalam menghadapi kemungkinan bencana gunung berapi karena sudah beberapa waktu belakangan ini Gunung Kerinci beberapa kali erupsi kecil," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement