Ahad 08 Jan 2023 16:13 WIB

Surabaya Kembali Gelar CFD, Ini 7 Lokasi yang Ditetapkan

Diharapkan masyarakat bisa menjaga ketertiban selama mengikuti CFD.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
Kegiatan car free day di Kota Surabaya.
Foto: Dadang Kurnia
Kegiatan car free day di Kota Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya kembali mengaktifkan kegiatan Car Free Day (CFD) di sejumlah lokasi di Kota Pahlawan setelah berakhirnya PPKM. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro menjelaskan, sepanjang 2023, pihaknya bersiap menggelar CFD di tujuh lokasi yang telah ditetapkan.

Antara lain di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, Jalan Jemur Andayani, Jalan Kembang Jepun, Jalan Kupang Indah, Jalan Kertajaya, dan Jalan Ir Soekarno atau Jalan Merr. "Kita sudah bikin jadwal selama setahun, dan sudah mulai digelar kembali di sejumlah lokasi," kata Hebi, Ahad (8/1/2023).

Pada 8 Januari 2023, jelasnya, CFD digelar di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, Jalan Kembang Jepun, dan Jalan Kupang Indah. Akhir pekan depan, tepatnya pada 15 Januari 2023, CFD bakal digelar di Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, dan Jalan Kertajaya.

Selanjutnya pada 29 Januari 2023, CFD digelar di Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan. "Jadi, lokasi utama CFD Surabaya memang di Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan. Sedangkan waktu pelaksanaannya mulai pukul 06.00 hinggga 09.00 WIB," ujar Hebi.

Ia menambahkan, pelaksanaan CFD mengacu pada Perwali Kota Surabaya Nomor 8 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perwali Kota Surabaya Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Dalam perwali tersebut, sudah ditetapkan ruas-ruas jalan yang ditutup saat CFD.

Untuk CFD di Jalan Darmo, areanya mulai persimpangan Jalan Raya Darmo-Jalan Dr Soetomo-Jalan Polisi Istimewa hingga persimpangan Jalan Raya Darmo-Jalan Diponegoro. Sedangkan CFD di Jalan Tunjungan, areanya mulai persimpangan Jalan Tunjungan-Jalan Praban-Jalan Gemblongan-Jalan Genteng Kali, sampai perbatasan Jalan Tunjungan-Jalan Gubernur Suryo.

Kemudian CFD di Jalan Kertajaya dimulai dari persimpangan Jalan Dharmawangsa - Jalan Kertajaya sampai dengan persimpangan Jalan Kertajaya - Jalan Menur. Lalu CFD di Jalan Jemur Andayani, mulai dari persimpangan Jalan Raya Jemursari - Jalan Jemur Andayani, sampai dengan persimpangan Jalan Jemur Andayani – Jalan Raya Kendangsari.

Selanjutnya CFD di Jalan Kembang Jepun yang dimulai dari persimpangan Jalan Kembang Jepun - Jalan Kalimati Kulon sampai dengan persimpangan Jalan Kembang Jepun - Jalan Dukuh. Lalu CFD di Jalan Dr Ir H Soekarno atau Jalan Merr dimulai dari persimpangan Jalan Kertajaya Indah – Jalan Dr Ir H Soekarno sampai persimpangan Jalan Arif Rahman Hakim–Jalan Dr Ir H Soekarno.

Dan terakhir CFD di Jalan Raya Kupang Indah yang dimulai dari Bundaran Satelit – Jalan Raya Kupang Indah sampai dengan Persimpangan TL Kupang Jaya. "Kami berharap masyarakat bisa menjaga keamanan dan ketertiban selama mengikuti CFD, sehingga diharapkan CFD ke depannya dapat berlangsung dengan aman dan tertib," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement