Kamis 05 Jan 2023 22:55 WIB

Gibran Unggah Foto Anies Masuk Selokan, Ini Kata Pengamat Politik

Unggahan foto Anies itu dinilai hanya sekadar becanda.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Teguh Firmansyah
Meme Anies Rasyid Baswedan membersihkan lumpur di saluran air dijadikan meme oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.
Foto: @aniesbaswedan
Meme Anies Rasyid Baswedan membersihkan lumpur di saluran air dijadikan meme oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menanggapi terkait Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang mengunggah foto Anies Baswedan di selokan pada akun Twitter pribadinya. Menurutnya, hal tersebut hanya candaan sesama pejabat.

"Ya apa yang dikatakan Gibran hanya candaan. Kadang-kadang pejabat penuh candaan dalam postingan di akun pribadi mereka," katanya saat dihubungi Republika.co.id, pada Kamis (5/1/2023).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan postingan Gibran direspon oleh Anies. Sehingga terlihat saling menyindir. Hal ini biasa dan wajar di dunia politik.

"Ya biasa kalau saling sindir gitu. Apalagi ini mau mendekat Pemilu 2024."

Ia menambahkan dinamika politik akan terus berjalan. Ada yang tadinya saling sindir tiba-tiba menjadi akrab. Ada yang tadinya akrab banget terus jadinya saling menjauh dan menjatuhkan. "Politik itu dinamis. Walaupun saling sindir tapi tetap merangkul. Ya saya lihat Gibran dan Anies hanya bercanda untuk saling sindir," kata dia.

Sebelumnya diketahui, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkap alasan dirinya mengunggah foto Anies Baswedan di selokan pada akun Twitter pribadinya, Rabu (4/1/2023). Gibran mengaku bahwa hal tersebut hanya bercanda saja.

Meskipun baru diunggah Gibran per Rabu (5/1) pukul 17.47 WIB, namun unggahan tersebut sudah mencapai 3,6 juta tayangan, 9.209 suka, serta 838 retweet.

Terkait unggah itu, Gibran mengatakan itu hanya candaan saja. Ia mengaku tidak ada apa permasalahan apapun dengan kandidat calon presiden dari Partai Nasdem tersebut. "Ya gak gimana-gimana, aku sama Pak Anies sante-sante wae. (Kedekatan atau candaan saja?) Ya biar orang yang menilai saja, nek saya maksudnya becanda," kata Gibran ketika ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (5/1/2023).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement