Senin 02 Jan 2023 22:33 WIB

Ribuan Ikan Waduk Kedung Ombo Mati Massal, Ini Pemicunya

Jumlah ikan yang mati total sebanyak 175 ton.

Petani ikan keramba Waduk Kedung Ombo memindahkan ikan yang mati di Bulu Serang, Wonoharjo, Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (1/1/2023).  Menurut petani, ribuan ekor ikan keramba jenis nila dan mas tersebut mati karena perubahan cuaca upwelling atau fenomena air dingin, dan ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Petani ikan keramba Waduk Kedung Ombo memindahkan ikan yang mati di Bulu Serang, Wonoharjo, Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (1/1/2023). Menurut petani, ribuan ekor ikan keramba jenis nila dan mas tersebut mati karena perubahan cuaca upwelling atau fenomena air dingin, dan ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali menyebutkan kematian ribuan ikan Keramba Jaring Apung (KJA) di Waduk Kedung Ombo (WKO) Desa Wonoharjo Kecamatan Kemusu, Provinsi Jawa Tengah, karena cuaca terjadi fenomena 'Up-Wellin' dan drop oksigen.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali Nurul Nugroho mengatakan ribuan ikan mati milik kelompok petani KJA di WKO karena keracunan amoniak dari fenomena up-welling dan drop oksigen (DO).

"Penyebabnya cuaca dalam satu pekan tanpa sinar matahari sehingga kondisi air permukaan waduk dingin, kemudian terjadi fenomena up-welling dan drop oksigen," katanya.

Menurut Nurul, upaya yang sudah dilakukan dengan pemindahan keramba ke titik yang aman dari up-welling, dan dipompa pakai diesel air untuk menaikkan DO (oksigen).

 

Pihaknya merekomendasi kepada kelompok petani KJA segera melakukan panen ikan yang sudah masuk ukuran jual, pemantauan kualitas air secara berkala, efisiensi pemberian pakan ikan di KJA WKO, rasionalisasi jumlah KJA di WKO, rezonasi KJA di WKO, aplikasi sistem SMART KJA untuk budi daya ikan yang ramah lingkungan di WKO.

Adapun langkah-langkah yang sudah dilakukan Disnakkan antara lain melakukan pendataan dan verifikasi jumlah ikan yang mati serta jumlah pembudidayaan terdampak, koordinasi dengan pimpinan dan stakeholder terkait untuk penanganan lebih lanjut dan membentuk tim untuk pemantauan kualitas air dan pendataan di WKO.

Kematian massal ikan karena fenomena up-welling merupakan siklus tahunan dan sering terjadi hampir semua waduk dengan budi daya ikan KJA. Sangat perlu pendampingan dan penyadaran kepada kelompok KJA akan pentingnya monitoring kualitas air, pengendalian budidaya KJA, dan penerapan teknologi ramah lingkungan dalam budidaya KJA.

Ia menyampaikan kejadian kematian massal ikan di KJA Waduk Kedung Ombo karena fenomena Up Welling di Desa Wonoharjo Kemusu Boyolali pada Sabtu (31/12), sekitar pukul 07.00 WIB. Jumlah yang mati jenis ikan emas dan nila hingga, Senin (2/1), hingga pukul 13.30 WIB, total sebanyak 175 ton.

Jumlah ikan yang mati tersebut dari kelompok petani KJA sebanyak 32 orang anggota dan kerugian diperkirakan mencapai sekitar Rp 4,725 miliar.

Sementara itu, Marno (38) salah satu petani KJA Desa Wonoharjo Kemusu Boyolali mengatakan, ikan jenis emas dan nila yang dibudidayakan di Waduk Kedung Ombo mengalami mati massal, sejak Sabtu (31/12).

Menurut dia, total ikan miliknya yang mengalami mati mencapai dua ton dari total seluruhnya sekitar 20 ton. Cuaca buruk menjadi penyebab matinya ikan-ikan.

Cuacanya dingin tidak ada panas, oksigen berkurang dan up welling keluar dari bawah, seperti racun menyebabkan ikan mati.

Marno mengaku akibat kejadian tersebut dirinya mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah. Harga ikan saat ini, pada kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 26 ribu per kilogram.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement