Sabtu 31 Dec 2022 13:32 WIB

Gubernur Ganjar Tinjau Lokasi Banjir di Kota Semarang

Banjir sampai semeter landa Tlogosari, Kaligawe, Citarum, Mangkang, hingga Ngaliyan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat memantau banjir di sekitar fly over Kaligawe, Kota Semarang.
Foto: dok. Istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat memantau banjir di sekitar fly over Kaligawe, Kota Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo meninjau titik-titik lokasi banjir yang terjadi di Kota Semarang akibat hujan deras sejak Jumat (30/12/2022) malam WIB. Dia memulai pengecekan di kawasan Simpang Lima, dilanjutkan ke Jalan Gajah Raya, Tlogosari, dan Rumah Pompa di Sawah Besar, serta Waru.

Selama melakukan peninjau, Ganjar menyempatkan berinteraksi dengan warga yang ditemuinya. Saat berada di Rumah Pompa Sawah Besar dan Waru, Ganjar menerima laporan petugas jaga yang menyebutkan bahwa seluruh mesin pompa berfungsi dengan baik.

Hanya saja, mesin pompa di Rumah Pompa Waru terpaksa dihentikan pengoperasiannya, karena debit air telah melebihi mesin pompa. Terkait dengan hal tersebut, Ganjar memastikan petugas pompa siaga dan siap mengoperasikan kembali jika debit air mulai turun.

Ganjar mengaku, telah menerima laporan dari sejumlah kepala daerah yang wilayahnya dilanda banjir, seperti Kota Semarang, Pekalongan, Pemalang, dan Pati. "Semarang bawah pada pukul 08.00 WIB, genangan masih cukup tinggi hampir sama dengan trotoar. Tadi saya mengecek ke sana sudah mulai surut, mudah-mudahan kalau intensitas hujan mereda bisa langsung bersih," ujarnya.

 

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengimbau agar masyarakat mewaspadai cuaca buruk yang diprediksi berlangsung hingga awal tahun 2023. "Kami minta masyarakat untuk siaga, karena kondisi ini diperkirakan oleh BMKG sampai tanggal 3 Januari 2023, sehingga tiap hari harus siaga penuh," ujarnya.

"BPBD beserta relawan saya minta untuk menyiapkan kondisi kedaruratan, seperti logistik, peralatan rescue, termasuk titik-titik yang diperlukan evakuasi," kata Ganjar melanjutkan Sejumlah wilayah di Kota Semarang, Jawa Tengah, dilanda banjir dengan ketinggian air antara 50 sentimeter hingga satu meter lebih akibat hujan deras sejak semalam.

Wilayah yang tergenang banjir di penghujung tahun 2022 itu, antara lain Tlogosari, Kaligawe, Citarum, Mangkang, Ngaliyan, dan Tugu. Selain perumahan penduduk di kawasan tersebut, banjir juga menggenangi ruas-ruas jalan sehingga menyebabkan kemacetan arus lalu lintas di beberapa titik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement