Senin 26 Dec 2022 19:40 WIB

Begini Dampak Banjir yang Melanda Kota Makkah Terhadap Pelaksanaan Umroh

Pemerintah Arab Saudi ambil langkah antisipasi keselamatan jamaah umroh pascabanjir

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Tangkapan layar platform medsos Twitter menunjukkan banjir bandang melanda kota Makkah, Arab Saudi, saat kendaraan tersapu oleh aliran air yang deras, Jumat pagi (23/22/2022)
Foto: Tangkapan layar Twitter Middle East Eye
Tangkapan layar platform medsos Twitter menunjukkan banjir bandang melanda kota Makkah, Arab Saudi, saat kendaraan tersapu oleh aliran air yang deras, Jumat pagi (23/22/2022)

IHRAM.CO.ID, KAIRO – Akses jamaah untuk melaksanakan umroh dengan tawaf di Makkah telah dihentikan karena hujan lebat yang mengguyur kota Makkah dalam beberapa hari terakhir. 

Makkah dilanda hujan deras pada  Jumat (23/12/2022) yang menyebabkan banjir bandang yang menenggelamkan bangyak mobil. Kendati demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.   

Baca Juga

“Sebuah rencana telah disusun untuk menjaga keselamatan jamaah umroh saat hujan,” kata Wakil Kepala Manajemen Keramaian di Masjidil Haram, Riad Al Hazami seperti dilansir Gulf News pada Senin (26/12/2022).  

Dia mengatakan kepada televisi Arab Saudi Al Ekhbariya bahwa kelompok peziarah di halaman telah ditangguhkan. “Mereka dipindahkan ke tempat sirkum di lantai dasar dan lantai pertama masjid,” tambahnya. 

Dalam beberapa bulan terakhir, Arab Saudi telah meluncurkan serangkaian fasilitas bagi umat Islam yang ingin melakukan umroh di Masjidil Haram dan mengunjungi tempat-tempat keagamaan di kerajaan tersebut.  

Arab Saudi mengeluarkan empat juta visa bagi Muslim di luar negeri untuk melakukan umroh sejak awal musim saat ini pada Juli.  

Penerbitan tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya kementerian dalam bermitra dengan sektor lain di Arab Saudi untuk memfasilitasi kedatangan jamaah umroh dan memiliki akses ke layanan berkualitas tinggi.  

Umat Islam yang memegang berbagai jenis visa masuk seperti visa pribadi, kunjungan dan pariwisata diizinkan untuk melakukan umroh di Masjidil Haram dan mengunjungi Raudhah, di mana makam Nabi Muhammad SAW  terletak di Nabi. Masjid di Madinah setelah memesan e-appointment.  

Arab Saudi baru-baru ini meluncurkan platform elektronik, yang dirancang untuk memfasilitasi akses ke layanan umroh termasuk kunjungan ke kota suci Makkah dan Madinah.  

Platform nusuk.sa memungkinkan umat Islam yang ingin melakukan umroh atau mengunjungi tempat-tempat suci untuk mendapatkan visa dan izin yang diperlukan serta memesan paket terkait secara elektronik.  

Otoritas Arab Saudi juga telah memperpanjang visa umroh dari 30 hari menjadi 90 hari dan mengizinkan pemegangnya untuk memasuki kerajaan melalui semua outlet darat, udara dan laut.  

Arab Saudi mengatakan awal bulan ini bahwa warganya dapat mengajukan permohonan untuk mengundang teman mereka di luar negeri untuk mengunjungi kerajaan dan melakukan umroh.  

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengatakan warga negara dapat mengajukan visa kunjungan pribadi melalui platform e-visa, yang memungkinkan pemegangnya untuk melakukan umroh dan bergerak melintasi kerajaan termasuk situs agama dan sejarah.      

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement