Senin 26 Dec 2022 18:44 WIB

Tak Hanya Lee Seung-gi, Hook Entertainment Juga tidak Adil Terkait Royalti pada Artis Lain

Sejumlah artis diduga juga mendapat royalti yang tidak adil dari Hook Entertainment.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Aktor dan penyanyi Lee Seung-gi.
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Aktor dan penyanyi Lee Seung-gi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Outlet Dispatch kembali mengungkapkan bahwa aktor Lee Seung-gi bukan satu-satunya artis yang mendapat perlakuan tidak adil tentang royalti di agensi Hook Entertainment. Dispatch mengekspos CEO Kwon Jin-young mengeksploitasi hingga 3 persen dari pendapatan Lee Seung-gi, Youn Yuh-jung, Lee Seo-jin, dan Park Min-young.

Pada Januari 2011, Lee Seung-gi menandatangani kontrak untuk merek fesyen outdoor. Dia setuju dengan jaminan pendapatan sebesar 500 juta won (sekitar Rp 6,1 miliar).

Baca Juga

Sekitar 10 persen dari pendapatan dikecualikan sebagai “biaya agensi”, atau sekitar 50 juta won (sekitar Rp 613 juta). Artinya, iklan itu menghasilkan pendapatan sebesar 450 juta won (sekitar Rp 5,5 milir).

Sesuai kontraknya, Lee Seung-gi membagi pendapatan empat banding enam dengan HOOK Entertainment, di mana dia menjadi 40 persen. Jadi, secara total, dia menghasilkan 180 juta won (sekitar Rp 2,2 miliar), sementara Hook Entertainment menghasilkan 270 juta won (sekitar Rp 3,3 miliar).

Namun, biaya agensi itu terungkap seharusnya hanya tujuh persen. Dispatch menjabarkan 3 persen dari biaya yang dibayarkan Lee Seung-gi masuk ke kantong orang lain. Dispatch memperoleh detail pembayaran untuk kontrak komersial Hook Entertainment.

Informasi yang diperoleh termasuk kuitansi untuk Lee Seung-gi, Lee Seo-jin, Youn Yuh-jung, Park Min-young, dan pendapatan artis pengelola lainnya dari kesepakatan komersial. Pada 22 Desember, tim hukum Lee Seung Gi membuat pernyataan publik tentang Hook Entertainment yang membebankan biaya agensi secara berlebihan.

“Dia (Lee Seung-gi) berpikir bahwa sekitar 10 persen dari jaminan modelnya diberikan kepada agen periklanan sebagai biaya, tetapi sebenarnya, direktur sebelumnya dan saat ini menikmati uang itu,” kata tim hukum Lee Seung-gi dilansir Korea Boo, Senin (26/12/2022).

Dispatch mengkonfirmasi kontrak Lee Seung Gi dengan Hook Entertainment menyatakan artis bertanggung jawab atas semua biaya untuk agensi, broker, dan mitra. Kontrak Hook Entertainment membebankan biaya 10 persen. Namun, Dispatch juga menemukan bahwa Hook Entertainment hanya membayar biaya kepada agensi yang terlibat.

Dispatch menemukan 3 persen dari biaya yang hilang dibagi antara Eksekutif A, Eksekutif B, Eksekutif C Hook Entertainment sebelumnya dan saat ini, serta Teman D dan Teman E CEO Kwon Jin-young, dan mentor Lee Seung-gi. Anggota Keluarga Lee Sun-hee F.

Hook Entertainment menggelapkan biaya dengan berbagai cara. Beberapa diambil dari rekening bank Lee Seung-gi. Beberapa dikecualikan dari setoran yang diberikan kepada artis. Semuanya diberi label sebagai biaya agensi. Menurut Dispatch, CEO Kwon Jin-young memutuskan siapa yang akan menerima bagian dari 3 persen setiap kali biaya terjadi.

Hook Entertainment juga membebankan biaya terlalu tinggi kepada orang lain. Aktor tertanda Youn Yuh-jung, Lee Seo-jin, dan Park Min-young semuanya membayar 10 persen dalam “biaya agensi”. Untuk ketiga aktor juga, Hook Entertainment hanya memberikan 7 persen dari biaya ke agensi dan mengantongi 3 persen sisanya. Secara total, keenam orang yang terlibat telah mengeksploitasi hingga 1,8 miliar won (sekitar Rp 22 miliar) dari artis pengelola Hook Entertainment.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement