Jumat 23 Dec 2022 00:30 WIB

Tim Misi Kemanusiaan Kembali Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Bentuk kegiatan berupa penyaluran buah-buahan, susu kotak dan cek Kesehatan gratis.

Tim Misi Kemanusiaan kembali melakukan Gerakan kebaikan bagi  penyintas gempa Cianjur, di  Desa Cugenang, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, 14-15 Desember 2022.
Foto: Dok Tim Misi Kemanusiaan
Tim Misi Kemanusiaan kembali melakukan Gerakan kebaikan bagi penyintas gempa Cianjur, di Desa Cugenang, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, 14-15 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR -- Gerakan kebaikan Tim Misi Kemanusiaan untuk penyintas  gempa Cianjur, masih berlanjut. Kegiatan Misi  Kemanusiaan  jilid kedua ini digelar  pada 14-15 Desember 2022 di Desa Cugenang, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat.

Gerakan tanggap bencana tersebut melibatkan anak-anak muda, di antaranya Hanum dan Rafly. Kedua alumni SMA Malahayati Jakarta Timur tersebut saat ini beraktivitas sebagai mahasiswa. Selama masa pemulihan pascabencana, mereka ikut terlibat dalam gerakan kebaikan lewat edukasi dan pelayanan kesehatan bagi para warga terdampak gempa.

Baca Juga

"Mungkin ini yang sekiranya dapat aku berikan untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana,"  ujar Hanum yang kini tengah studi di Poltekkes Kemenkes Banten.

Selain terlibat sebagai relawan, Hanum dan Rafly, yang merupakan alumni SMA Malahayati secara kolektif memberi dukungan logistik bagi anak-anak penyintas gempa. Hal ini adalah bentuk aksi humanitas yang diwujudkan dalam bentuk aksi nyata. "Semoga apa yang kami lakukan dapat menginspirasi untuk semuanya," ujar Rafly.

 

Rully Onzo selaku ketua Tim Misi Kemanusiaan menjelaskan, dalam Misi Kemanusiaan Jilid Dua ini pihaknya menggelar beberapa gerakan kebaikan  untuk masyarakat Cugenang. "Di antaranya kami menyiapkan 200 boks buah-buahan, 200 kemasan susu kotak untuk anak-anak di sana. Kami juga menyediakan layanan cek kesehatan gratis untuk lansia," ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada Kamis (15/12), timnya menggelar dua agenda di tempat berbeda, yakni training motivasi Onzovator di SMP Cigeunang dan acara trauma healing oleh Hendra Fokker di posko pengungsian. "Tenaga pendidik di sana akan mengajak anak-anak bermain, bersenang-senang, sambil belajar. Pokoknya fun edutainment," ujarnya.

Sementara pada Rabu (14/12) malam, kata dia, pihaknya menggelar live music akustik berkolaborasi bersama grup musik Bambu Harmoni. Hal ini, kata dia, merupakan bentuk hiburan rakyat yang tengah dilanda duka. "Semoga semua terhibur dan kembali menatap ke depan dengan penuh semangat. Bangkit bersama," ujarnya.

Kegiatan Misi Kemanusiaan Jilid Dua ini, kata dia, berkolaborasi juga dengan Tim Tagana Kota Depok dan Tagana Jawa Timur. "Dalam kegiatan itu, kami bersinergi. Semoga ini sedikit meringankan sahabat kita yang tertimpa musibah di sana. Terima kasih semua yang sudah mendukung, panjang umur untuk semua hal baik," ungkap Rully.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement