Kamis 08 Dec 2022 14:05 WIB

Pasukan Israel Tembak Mati Tiga Warga Palestina

Israel telah membunuh 164 warga Palestina di Tepi Barat sepanjang tahun ini.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Pasukan Israel dilaporkan telah menembak mati tiga warga Palestina selama operasi penggerebekan di sebuah kamp pengungsi di Jenin, Tepi Barat, Kamis (8/12/2022)
Foto: AP/Mahmoud Illean
Pasukan Israel dilaporkan telah menembak mati tiga warga Palestina selama operasi penggerebekan di sebuah kamp pengungsi di Jenin, Tepi Barat, Kamis (8/12/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Pasukan Israel dilaporkan telah menembak mati tiga warga Palestina selama operasi penggerebekan di sebuah kamp pengungsi di Jenin, Tepi Barat, Kamis (8/12/2022) pagi waktu setempat. Dengan kasus terbaru itu, Israel telah membunuh 164 warga Palestina di Tepi Barat sepanjang tahun ini.

Sejumlah saksi mengungkapkan, pasukan Israel berskala besar melakukan penyerbuan dan penggerebekan ke kamp pengungsi di Jenin. Hal itu seketika memicu bentrokan dengan penduduk lokal Palestina. “Tiga warga Palestina ditembak mati oleh pasukan Israel dari jarak dekat. Ketiganya belum teridentifikasi,” kata kantor berita Palestina, WAFA, dalam laporannya.

Baca Juga

Setidaknya 10 warga Palestina lainnya dilaporkan turut terluka akibat tembakan pasukan Israel. Mereka segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Menurut WAFA, selama operasi penggerebekan berlangsung, pasukan Israel juga melepaskan tembakan ke arah ambulans. Namun petugas medis yang berada di dalamnya berhasil selamat.

Pada Rabu (7/12/2022) lalu, pasukan Israel juga menembak mati seorang warga Palestina di dekat kota Silwad, Tepi Barat. Kementerian Urusan Sipil Palestina mengatakan, warga yang tewas itu teridentifikasi bernama Muhajid Mahmoud Hamed (32 tahun).

Menurut militer Israel, pembunuhan terhadap Hamed dilakukan karena dia diyakini melepaskan tembakan ke arah pos militer Israel di sebelah Ofra, sebuah permukiman Israel di selatan Silwad. “Selama pengejaran, tersangka melihat tentara, keluar dari kendaraan dan menembaki mereka. Para prajurit menanggapi dengan tembakan langsung dan menetralisir penyerang,” kata militer Israel dalam sebuah pernyataan, dikutip laman Al Arabiya.

Menurut WAFA, sepanjang tahun ini Israel telah membunuh 216 warga Palestina. Sebanyak 164 korban berada di Tepi Barat dan sisanya merupakan warga Jalur Gaza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement