Jumat 18 Nov 2022 16:28 WIB

Sembilan Cara Belajar Efektif di Rumah Buat Kamu yang Supersibuk

Aplikasi DoCheck dapat digunakan untuk menyusun strategi belajar dan rencana kegiatan

Ada banyak cara belajar efektif di rumah, seperti menentukan gaya belajar dan waktu yang tepat, serta menghindari multitasking.
Foto: Unsplash
Ada banyak cara belajar efektif di rumah, seperti menentukan gaya belajar dan waktu yang tepat, serta menghindari multitasking.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Selepas belajar di sekolah, kamu perlu mengulas kembali pelajaran yang telah kamu dapatkan ketika berada di rumah. Hal ini ditujukan agar kamu tidak segera lupa dengan ilmu yang telah kamu dapatkan tadi.

Belajar di rumah tentunya relatif lebih mengasyikkan bagi beberapa orang. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa rumah merupakan tempat paling nyaman untuk melakukan segala sesuatu.

Baca Juga

Namun, karena faktor itulah kamu perlu menerapkan cara belajar efektif di rumah yang sesuai. Alasannya adalah karena ada banyak hal yang bikin kamu gagal fokus ketika berada di rumah, baik itu dari pihak luar maupun dari dirimu sendiri.

Tips dan Cara Belajar Efektif di Rumah

Sering kali momen belajar di rumah justru tidak efektif. Hal ini disebabkan oleh banyaknya gangguan yang kamu dapatkan, baik itu dari kamu sendiri maupun dari pihak lainnya. Sebagai contoh, ketika sedang berada di rumah, kamu akan cenderung untuk bersantai dan beristirahat karena sudah lelah berkegiatan selama sehari penuh. Selain itu, tingkat konsentrasi yang kamu miliki juga akan cenderung menurun.

Belum lagi adanya distraksi dari anggota keluarga dan gadget bakal bikin kamu makin kesulitan untuk fokus. Ditambah lagi, kamu rasa malas yang mendadak muncul.

Lalu, bagaimana cara belajar efektif dan menyenangkan di rumah? Mari simak ulasan berikut ini!

1. Tentukan Target Belajar yang Jelas

Sebelum mulai menerapkan metode belajar efektif, kamu perlu menentukan target dan tujuan belajar kamu lebih dulu. Tak perlu muluk-muluk, kamu bisa mulai dengan materi atau bab apa yang ingin kamu kuasai ketika belajar. Dengan demikian, akan terlihat dengan lebih jelas di akhir waktu belajar, apakah kamu berhasil mencapai target tersebut atau tidak.

Hal ini merupakan bagian dari cara belajar di rumah yang efektif. Contoh belajar efektif lainnya, jika kamu ingin mengerjakan suatu tugas hingga berapa persen atau hingga selesai.

2. Menemukan Gaya Belajar yang Sesuai

photo
Menemukan gaya belajar yang tepat dan sesuai merupakan salah satu tips belajar efektif di rumah. - (Unsplash)
 

Salah satu hal yang bisa jadi penghalang bagi kamu ketika menerapkan metode belajar efektif di rumah adalah ketidaktahuan kamu soal gaya belajar yang tepat. Apabila ditinjau dari beberapa aspek, gaya belajar dapat dibedakan menjadi tiga, yakni sebagai berikut:

  • Gaya belajar visual, yakni keadaan di mana seseorang akan lebih mudah untuk menangkap informasi yang ada dengan menggunakan bantuan dari berbagai  penggambaran atau grafis. Contohnya adalah para desainer grafis ataupun ilustrator yang akan lebih mudah mempelajari suatu desain dengan cara mengamati bentuknya. Contoh belajar efektif tipe ini, maka kamu bisa mencoba metode highlighting.
  • Gaya belajar auditori, yakni suatu pembelajaran yang efektif dengan memfokuskan diri pada audio atau pembicaraan. Contohnya adalah orang-orang yang lebih gemar mendengarkan, entah itu lewat audio maupun secara langsung ketimbang visualnya. Contoh metode belajar efektif tipe ini adalah dengan mendengarkan rekaman suara.
  • Gaya belajar kinestetik, yakni gaya belajar seseorang yang akan lebih maksimal apabila dibarengi dengan praktik langsung.
  • Gaya belajar membaca dan menulis, yakni tipe gaya belajar seseorang dengan memanfaatkan memori berdasarkan apa yang dibaca dan ditulis. Salah satu cara menerapkannya sebagai cara efektif belajar di rumah adalah dengan menulis ulang atau merangkum.

Apakah kamu masih bingung mana yang cocok untukmu? Tenang saja! Kamu bisa mencari tahu gaya belajar apa yang cocok denganmu dengan mengunjungi berbagai website yang menyediakan tes gaya belajar buat kamu. Contohnya adalah laman VARK, AkuPintar, dan Quipper. Setelah kamu mengetahui gaya belajar apa yang kamu miliki, pasti kamu akan lebih mudah melakukan cara belajar di rumah yang efektif. Yuk, lanjut ke poin selanjutnya!

3. Bangun Suasana Belajar yang Menyenangkan

Sering kali tempat belajar yang tidak rapi bikin kamu malas duluan pas mau belajar. Kamu tentu tidak akan bisa fokus apabila meja belajarmu masih dipenuhi dengan barang-barang yang berhubungan dengan hobi pribadimu. Apalagi, kalau meja belajarmu terdapat barang-barang menumpuk yang sudah tak terpakai. Di lain sisi, kamu juga tidak direkomendasikan untuk belajar di atas tempat tidur karena besar kemungkinan kamu bakal terserang rasa kantuk.

Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu merapikan meja belajarmu supaya lebih nyaman ketika dipakai. Setelah bangun tidur kamu dianjurkan untuk make your bed atau merapikan tempat tidur. Dengan prinsip yang sama, setelah belajar kamu jangan lupa untuk make your desk, ya! Jadi, bisa dibilang kalau merapikan meja belajar merupakan salah satu cara belajar di rumah yang efektif. Alasannya tentu karena kerapian meja belajar kamu bakal sangat bermanfaat bagi kamu untuk terus fokus dan mendatangkan ide.

4. Merapikan Tempat Belajar

Selain itu, kamu juga perlu menyesuaikan suasana belajar dengan apa yang menurutmu nyaman. Contohnya adalah dengan sambil mendengarkan musik. Eits, jangan salah! Ternyata, musik dapat meningkatkan produktivitas kamu, lho! Meskipun, sebenarnya hal itu tidak berkaitan secara langsung. Faktanya, musik yang tepat dapat membangun suasana hati yang baik bagi kamu. Bahkan, mendengarkan musik juga dapat membantu kamu dalam proses mengingat apa yang sedang kamu pelajari dan juga mengurangi stres. Cara belajar efektif dan menyenangkan di rumah ini cocok banget buat kamu coba!

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement