Selasa 15 Nov 2022 14:03 WIB

Konser Menampilkan Bintang ‘Itu-Itu Saja’, Perlunya Regenerasi Musisi

Regenerasi musisi menjadi isu paling besar dalam industri musik

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Gita Amanda
Peluncuran Evoria, platform inkubasi musisi pendatang baru yang akan dikurasi dan dimentori praktisi pendukung. Acara digelar di Urban Forest Cipete, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Peluncuran Evoria, platform inkubasi musisi pendatang baru yang akan dikurasi dan dimentori praktisi pendukung. Acara digelar di Urban Forest Cipete, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menilik para pengisi acara dalam konser dan festival yang ada di Indonesia, hanya menampilkan musisi yang sama. Regenerasi musisi menjadi isu paling besar dalam industri musik, agar musisi berbakat lainnya bisa muncul dan didengarkan banyak orang.

“Cerita sedikit, awalnya M Bloc diciptakan untuk creative hub, yang penting niatnya dulu kita hajar. Dari sini baru benar-benar kita godog musisi barunya. Mari bergandengan tangan bersama,” ujar Co-Founder M Bloc Group, Wendi Putranto, dalam peluncuran platform Evoria di Urban Forest Cipete, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya mendirikan M Bloc, kini juga hadir sebuah platform bagi para musisi independen dan band-band pendatang baru di seluruh Indonesia. Platform inkubasi musisi bernama Evoria, bertujuan menjaring para pendatang baru dan memberdayakan mereka dengan pengetahuan, kemampuan kreatif, serta bisnis agar berhasil di industri musik.

Evoria digagas oleh M Bloc Entertainment dengan dukungan M Bloc Xperience dan Alive Indonesia, akan memilih 10 artis pendatang baru yang mendaftar dan lolos kurasi, untuk mengikuti program inkubasi musisi bersama para profesional industri musik nasional yang berasal dari berbagai bidang.

Beberapa nama praktisi yang telah dikonfirmasi bakal mendukung Evoria menjadi mentor atau pemateri workshop di antaranya adalah Endah N Rhesa, Eka Annash (vokalis, pencipta lagu The Brandals), Jimi Multhazam (vokalis, pencipta lagu The Upstairs dan Morfem), Lafa Pratomo (produser Danilla dan Iwan Fals), Wendi Putranto (Co-founder M Bloc dan Manager Seringai), Ardy Siji (promotor musik), Dahlia Wijaya (Believe Country Director), hingga Satria Ramadhan (SRM).

“Evoria membuka kesempatan luas untuk teman-teman musisi dan band dari berbagai macam genre, silahkan daftar. Dari situ baru dilakukan kurasi berdasar live performance, dan lain-lainnya. Dan ini khusus untuk mereka yang pengen jadiin musisi sebagai profesi,” kata Wendi.

Para artis pendatang baru yang lolos kurasi ini nantinya selain digembleng dengan berbagai materi pengembangan skill kreatif dan bisnis musik melalui bootcamp diskusi, workshop, serta showcase, juga akan dibuatkan video live performance yang dapat digunakan salah satu marketing tool mereka dalam berkarier.

Beberapa materi workshop yang telah dipersiapkan untuk diajarkan di antaranya adalah Live From Music, Songwriting Process, Music Production, Artist Management & Booking Agency, Digital Music Distribution, IP & Copyrights, Live Music Performance, Touring, hingga Performing Rights Organizations.

Proses pendaftaran artis-artis pendatang baru untuk mengikuti Evoria akan dibuka mulai Kamis (10 November 2022) hingga Minggu (11 Desember 2022) pukul 23.59 WIB, melalui situs resmi Evoria.id dan via aplikasi M Bloc Xperience. Pendaftaran ini bersifat gratis dan wajib menyertakan Electronic Promo Kit (EPK) yang berisikan Foto, Logo, Bio, Link Video Performance, Link Album/Single, dan Contact Person.

“Untuk menjadi musisi sukses, kita harus mau belajar apa yang ada di dalam ekosistemnya, khususnya ‘area belakang panggung.’ Sebuah album rekaman yang sukses atau konser yang mampu mengubah hidup banyak orang, merupakan hasil akhir dari sebuah proses penting, yaitu perencanaan yang matang dan strategi yang jitu,” papar CEO M Bloc Entertainment yang juga promotor festival musik Rock in Celebes, Ardy Siji.

Platform Evoria menjadi pengembangan mutakhir konsep Emerging Showcase yang telah dijalankan oleh M Bloc Entertainment sejak 2019. Mereka sudah melakukan kurasi musisi atau band, sekaligus menyediakan panggung dengan dukungan akustik ruangan, tata suara, tata cahaya, tata visual terbaik, bagi para artis pendatang baru untuk tampil live di hadapan para praktisi industri musik nasional.

Beberapa nama baru yang tengah naik daun serta merupakan alumni Emerging Showcase di antaranya adalah Fleur, Perunggu, Sunwich, hingga Irama Pantai Selatan. Kerap kali setelah tampil di Emerging Showcase para band itu juga diundang untuk mengisi panggung berbagai event di jaringan venue M Bloc Group.

“Bersama Evoria kami tingkatkan lagi programnya dengan menghadirkan talkshow dan workshop, yang menampilkan pemateri para artis ternama dan profesional di industri musik nasional,” tutur Wendi mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement