Selasa 15 Nov 2022 09:35 WIB

Luhut Sebut 78 Persen Emisi Karbon Dunia Disumbang Anggota G20

Danone Indonesia mendukung percepatan net zero emission pada 2050.

Pelaksanaan Indonesia Net Zero Summit 2022 di Bali bertema
Foto: Dok G20
Pelaksanaan Indonesia Net Zero Summit 2022 di Bali bertema

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Isu perubahan iklim merupakan salah satu pokok bahasan utama dalam gelaran Presidensi Indonesia di KTT G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022). Berkomitmen mendukung penurunan emisi gas rumah kaca, Kadin menggandeng sejumlah pemangku kepentingan untuk terlibat dalam Indonesia Net Zero Summit 2022 di Bali bertema 'Decarbonization at All Cost'.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah bertanggung jawab untuk membuat kebijakan yang tepat dalam menghadapi perubahan iklim. Dia menyampaikan, pemerintah memiliki tanggung jawab besar terhadap generasi berikutnya, sehingga kebijakan yang diambil harus tepat.

"Sekitar 78 persen emisi karbon dunia disumbang dari anggota G20, untuk itu menjadi penting bagi kita untuk mengambil langkah yang strategis untuk meminimalisasi dampak tersebut. Jadi semua kebijakan yang kita buat itu harus betul-betul kita hitung dengan cermat," ucap Luhut dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (15/11/2022).

Baca juga : IQ Bocah Muslim Inggris Ini Kalahkan Albert Einstein dan Stephen Hawking

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, M Arsjad Rasjid menyampaikan, kredibilitas perusahaan menjadi sangat krusial dengan tuntutan konsumen global terhadap tanggung jawab operasi bisnis perusahaan. Tentunya kondisi mengubah cara produsen dalam menjalankan bisnis.

"Perubahaan tidak akan terjadi tanpa regulasi terukur, yang mana memungkinkan energi terbarukan untuk dapat diakses oleh seluruh industri agar perusahaan dapat menerapkan strategi yang berkelanjutan. Dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak untuk mewujudkan net zero agar kita menjadi lebih kuat untuk menghadapi tantangan global," kata Arsjad.

Danone Indonesia terlibat aktif dalam rangkaian kegiatan diskusi yang diadakan bertema 'Corporate Governance to Drive Decarbonization'. Melalui visi One Planet One Health, Danone percaya adanya keterkaitan yang kuat antara kesehatan masyarakat dan lingkungan untuk masa depan yang lebih baik. Visi ini diwujudkan salah satunya lewat komitmen untuk mendukung pengurangan emisi karbon.

Baca juga : G20, Harapan kepada Biden, Xi Jin Ping dan Jokowi

Chief Executive Officer Danone Indonesia, Connie Ang, mengatakan, perseroan berkomitmen untuk mencapai emisi nol (net zero emissions) pada 2050. "Komitmen kami untuk mencapai tujuan ini telah terefleksikan di seluruh rantai pasok kami. Danone Indonesia juga telah menerapkan tata kelola perubahan iklim untuk mempercepat perjalanan dekarbonisasi, serta memastikan bahwa kami menindaklanjuti komitmen ini dengan strategi nyata," ujar Connie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement