Jumat 11 Nov 2022 09:37 WIB

Erick Thohir: Fokus Bakti BUMN untuk Perkuat Ekonomi Kerakyatan

Erick mendorong peran BUMN terjun langsung membantu pemulihan kesehatan dan ekonomi

Menteri BUMN Erick Thohir.
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Gerak cepat dan taktis yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir dalam membenahi  program-program Bakti BUMN atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang bertebaran di banyak perusahaan milik negara mulai menarik perhatian publik. Strategi yang diterapkan Erick sejak Oktober 2019 dinilai sukses menjadikan keberadaan program-program Bakti BUMN berdaya guna optimal. 

Atas gebrakan di bidang CSR yang ditekuni selama dua tahun belakangan, Erick mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah Erick dinobatkan sebagai Visionary Leader in Orchestrating Sustainable CSR Initiatives dalam ajang Anugerah CSR IDX Channel 2022.

Baca Juga

Erick Thohir menekankan bahwa penghargaan itu bukan untuk dirinya sendiri. Itu merupakan apresiasi bagi seluruh staf dan direksi BUMN yang berada di lapangan.

"Ini untuk tim saya, seluruh insan BUMN yang mau bersama-sama mengoreksi diri dan programnya dalam membuat CSR yang sustainable," ujar Erick. 

 

Erick menegaskan kembali fokus yang ditetapkan bagi CSR BUMN, yaitu pendidikan, lingkungan hidup, serta pemberdayaan UMKM. Pada sektor pendidikan, BUMN wajib hadir lantaran demografi Indonesia didominasi oleh angkatan muda.

"Pendidikan itu penting karena mayoritas diisi oleh anak-anak muda yang membutuhkan upgrading melalui pendidikan, kalau kita mau Indonesia memenangkan kompetisi menjadi negara maju ke depan," ujarnya.

Adapun fokus terhadap lingkungan mengharuskan BUMN menjadi bagian dari ekosistem penyelamatan lingkungan hidup Indonesia, yang merupakan paru-paru dunia. Sementara fokus terhadap UMKM diarahkan pada  pendampingan digital.

"Ini yang harus kita fokuskan. Karena tidak mungkin, kita bisa berdiri dengan baik kalau kesenjangan makin tinggi. Karena itu, kita di BUMN, fokuskan, memaksakan, untuk memastikan kita menjadi perusahaan yang sehat, sehingga bisa berkontribusi membangun ekonomi kerakyatan untuk menjaga ekonomi Indonesia ke depan,” kata Erick.

Penghargaan diberikan oleh Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jeffrey Hendrik langsung kepada Erick Thohir. Event Anugerah CSR IDX Channel 2022 dilaksanakan pada Rabu (9/12022) malam di MNC Conference Hall, iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Ketua Dewan Juri Anugerah CSR IDX Channel 2022, Wahyu T Setyobudi, mengatakan pemberian penghargaan Visionary Leader in Orchestrating Sustainable CSR Initiatives didasari pada keberhasilan Erick Thohir mengorkestrasi program-program CSR di BUMN, sehingga berkontribusi pada masyarakat luas, khususnya terkait pemulihan ekonomi di 2022. Di samping itu di masa pandemi Covid-19, berbagai langkah nyata telah dilakukan Erick Thohir. Antara lain mendorong peran BUMN untuk terjun langsung membantu pemulihan kesehatan dan ekonomi.

“Ini selaras dengan tema Anugerah CSR IDX Channel 2022, yakni Orchestrating Integrated CSR Initiatives to Accelerate Economic Recovery,” ujar Wahyu. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement