Selasa 08 Nov 2022 17:15 WIB

10 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Dalam Negeri Mulai Disuntikkan Bulan Ini

Pelaksanaan pada November ini untuk memenuhi kebutuhan dosis penguat atau booster.

Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, sekitar 10 juta dosis vaksin Covid-19 produksi dalam negeri mulai disuntikkan kepada masyarakat sasaran. Pelaksanaan pada November ini untuk memenuhi kebutuhan dosis penguat atau booster.

"November ini kami harapkan ada lima juta dosis vaksin dalam negeri yang bisa kita pakai dan Desember juga ada lima juta dosis lagi. Sehingga total yang bisa dibeli dan dimanfaatkan tahun ini 10 juta dosis," kata Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI yang diikuti dalam jaringan di Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga

Budi mengatakan, sebagian besar vaksin dalam negeri akan dimanfaatkan untuk memberikan dosis penguat atau booster kepada masyarakat. Vaksin yang dimaksud adalah vaksin IndoVac berplatform rekombinan protein subunit yang dikembangkan oleh PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, USA. Vaksin dalam negeri berikutnya, adalah InaVac berplatform inactivated virus dikembangkan tim peneliti dari Universitas Airlangga bekerja sama dengan produsen PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

Budi mengatakan pemerintah membeli vaksin 3,6 juta dosis vaksin IndoVac dan 1,5 juta dosis vaksin InaVac pada November 2022. Pembelian itu untuk menutupi kebutuhan 4,94 juta sasaran booster.

Pembelian kedua vaksin berlanjut pada Desember 2022 masing-masing 1,4 juta dosis vaksin IndoVac dan 3,5 juta dosis InaVac untuk menutup kebutuhan 5,11 juta lebih sasaran.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement