Rabu 02 Nov 2022 17:06 WIB

Deretan Aplikasi Senter Android Terbaik

Ponsel sistem operasi Android, dapat melakukan banyak hal termasuk menyediakan senter

Dengan perkembangan teknologi smartphone yang begitu pesat. Smartphone tidak hanya untuk alat komunikasi, namun juga kebutuhan lainnya. Ponsel yang didukung sistem operasi Android, dapat melakukan banyak hal, termasuk menyediakan senter.
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Dengan perkembangan teknologi smartphone yang begitu pesat. Smartphone tidak hanya untuk alat komunikasi, namun juga kebutuhan lainnya. Ponsel yang didukung sistem operasi Android, dapat melakukan banyak hal, termasuk menyediakan senter.

REPUBLIKA.CO.ID, Jika sedang berada di tempat gelap maupun dalam kondisi mati listrik, tentunya butuh senter sebagai alat penerangan yang membantu dalam melakukan aktivitas tertentu. Ketika punya senter, tentu ini bukan masalah. Namun, jika tidak memiliki senter atau mungkin lupa menaruhnya di mana, berada di kegelapan akan cukup menyulitkan, bukan?

Namun, beruntung dengan perkembangan teknologi smartphone yang begitu pesat. Smartphone tidak hanya untuk alat komunikasi, namun juga kebutuhan lainnya. Ponsel yang didukung sistem operasi Android, dapat melakukan banyak hal, termasuk menyediakan senter.

“Inilah OS yang dapat mengoptimalkan cara kamu memakai ponsel. Membantu kamu mengelola komunikasi. Membantu kamu beraktivitas. Dilengkapi lebih banyak fitur dan kontrol privasi sehingga kamu tetap memegang kendali,” demikian informasi di situs resmi Android.

Ada begitu banyak aplikasi yang bisa dipasang di ponsel, termasuk aplikasi senter untuk Android. Lantas, apa saja aplikasi yang direkomendasikan? Simak deretannya, dihimpun dari Android Ally.

Icon Torch-Flashlight

Di saat darurat, satu-satunya hal yang dibutuhkan dari fitur flashlight adalah nyala yang cepat dan terang. Maka dari itu, Icon Torch-Flashlight ini dibuat. Untuk mengoperasikannya, yang diperlukan hanyalah dengan menekan launching icon yang berfungsi sebagai tombol on dan off.

Tidak ada fitur lain yang aneh-aneh, hanya memiliki fitur langsung dengan keleluasaan pengguna untuk menaruh ikon tersebut di mana saja. Misalnya di home screen, bar notifikasi, bar navigasi yang terletak di bawah, dan lain-lain.

Lampu yang dikeluarkan flash di HP juga berada pada tingkatan yang sangat terang. Lantaran sama sekali tidak ada antarmuka, tapi pengguna tak bisa melakukan kustomisasi sama sekali, termasuk menu pengaturan untuk menyetel tingkat keterangan.

Aplikasi ini punya ukuran yang benar-benar nyaris non-existent, hanya 37 KB saja. Ringan sekali bukan?

Simple Flashlight

Simple Flashlight adalah sebuah pilihan bagi yang ingin aplikasi mudah dan cepat digunakan. Aplikasi ini hadir tanpa adanya iklan dan memberikan sisi antarmuka yang cukup bersih. Meski demikian, dilengkapi dengan fitur yang cukup penting dan beragam.

Aplikasi ini ditujukan untuk kondisi-kondisi darurat, cahaya yang dikeluarkan oleh aplikasi benar-benar terang. Tidak itu saja, cahaya yang dikeluarkan juga dapat mengikuti pola SOS pada kode sandi morse.

Kemudian, fitur unik lainnya yang mungkin tidak banyak diketahui adalah warna lampu yang bisa berubah-ubah. Dengan begitu, aplikasi ini sekaligus dapat berfungsi sebagai sarana pencahayaan yang festive di saat pengguna sedang asyik dan seru-seruan di pesta bersama teman-teman.

Shake Light-Bright Torch

Shake Light merupakan aplikasi yang dibutuhkan jika tak ingin hanya mengandalkan dengan layar ponsel untuk menyalakan lampu. Ya, tanpa harus disentuh sama sekali, hanya perlu mengocok ponsel dan lampu pun akan otomatis menyala.

Tidak perlu khawatir lampu menyala di saat yang tak diinginkan. Sebab aplikasi ini juga mampu mendeteksi jika ponsel sedang dimasukkan ke dalam saku, dan akan menonaktifkan fitur menyala by shake.

Kemudian, pengguna pun bisa mengatur tingkat sensitivitasnya. Jika tidak ingin flashlight menyala di saat tak diinginkan, bisa menyetel sensitivitasnya di tingkatan minim. Sebaliknya, jika ingin flashlight mudah menyala di saat-saat darurat, maka tingkat sensitivitasnya bisa dinaikkan.

Untuk menggunakan fitur di aplikasi ini, pun tidak akan diminta untuk memberikan app permission ke bagian kamera ataupun internet. Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 500 ribu kali dan hanya berukuran kecil sekitar 3,5 MB saja.

Brightest LED Flashlight

Aplikasi android ini juga mewajibkan smartphone yang dimiliki penggunanya lengkap dengan fitur Lampu LED Flash. Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Yang harus dilakukan adalah tap tombol Switch dan nanti secara otomatis lampu LED akan menyala dengan terang.

Perhatikan juga fitur Frequency Indicator, karena semakin nilai angkanya besar maka kedipan lampu yang dihasilkan strobe mode juga akan semakin cepat.

Flashlight Galaxy

Dari nama aplikasi Android ini, apakah masih beranggapan bahwa aplikasi senter ini hanya dikhususkan untuk pengguna Samsung Galaxy? Jawabannya adalah benar. Aplikasi mampu bekerja di semua seri Samsung Galaxy.

Meski begitu, developer sendiri telah mengembangkan lebih lanjut sehingga juga dapat digunakan oleh pengguna smartphone dengan merek lain, seperti Sony Xperia, LG, HTC, dan lainnya.

Ketahui lebih lanjut mengenai aplikasi ini bisa bekerja di perangkat apa saja, lewat halaman deskripsinya di Google Play Store. Hampir sama seperti aplikasi sejenis lainnya, fitur yang ada pada aplikasi ini adalah lampu kamera LED, lampu layar, strobe, pilihan warna lampu, widget di home screen untuk menyalakan lampu dengan satu kali tap, dan masih banyak lainnya.

Flashlight-Splend Apps

Flashlight-Splend Apps adalah aplikasi yang memiliki antarmuka sangat simpel, namun sebenarnya punya fitur yang bisa diandalkan. Setidaknya aplikasi ini masih memiliki opsi pengaturan.

Pada menu pengaturan tersebut, pengguna bisa mengaktifkan suara yang menemukan lampu sudah dinyalakan atau dimatikan. Pengguna juga bisa menyetel agar lampu otomatis menyala setiap aplikasi dibuka.

Sisanya, antarmuka flashlight ini meliputi keberadaan menu di notifikasi bar untuk akses lebih mudah dan singkat, serta keberadaan widget di home screen ponsel.

Flashlight by Lighthouse

Terakhir, ada Flashlight by Lighthouse yang mampu menjalankan fungsi sebagai senter sebagaimana mestinya dengan beberapa opsi dasar tambahan. Beberapa fitur tambahannya, antara lain senter layar warna, senter kode morse untuk SOS, kompas dan peta.

Pengguna juga dapat menyesuaikan cahaya sesuai dengan keinginan. Salah satu aspek keren tentang Flashlight by Lighthouse adalah dapat menyesuaikan mode strobo atau kedipan cahaya. Caranya pun mudah. Cukup dengan menggeser ke kiri atau kanan pada bezel senter digital.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement