Rabu 02 Nov 2022 06:27 WIB

Asteroid ‘Pembunuh Planet’ Ditemukan Bersembunyi di Bawah Sinar Matahari

Asteroid itu berhasil menghindari deteksi karena mengorbit di antara bumi dan venus.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Asteroid (ilustrasi). Para astronom telah menemukan asteroid raksasa yang bersembunyi di bawah sinar matahari yang mungkin suatu hari nanti berpapasan dengan Bumi.
Foto: AP/NASA/Goddard/University of Arizo
Asteroid (ilustrasi). Para astronom telah menemukan asteroid raksasa yang bersembunyi di bawah sinar matahari yang mungkin suatu hari nanti berpapasan dengan Bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Para astronom telah menemukan asteroid raksasa yang bersembunyi di bawah sinar matahari yang mungkin suatu hari nanti berpapasan dengan Bumi. Asteroid selebar 0,9 mil (1,5 kilometer) adalah asteroid berpotensi berbahaya terbesar yang terlihat dalam delapan tahun terakhir dan para astronom menyebutnya sebagai “pembunuh planet” karena efek dampaknya akan terasa di berbagai benua.

Dilansir dari Space, Selasa (1/11/2022), asteroid yang diberi nama 2022 AP7 itu berhasil menghindari deteksi begitu lama karena mengorbit di wilayah antara Bumi dan Venus. Untuk melihat batuan luar angkasa di daerah ini, para astronom harus melihat ke arah matahari, dan itu sangat sulit karena luminositas matahari.

Baca Juga

Misalnya, teleskop unggulan seperti Teleskop Luar Angkasa James Webb dan Teleskop Luar Angkasa Hubble tidak pernah melihat ke arah matahari, karena kecerahan bintang akan menghancurkan optik sensitif mereka. Karena itu, para astronom hanya memiliki pemahaman yang terbatas tentang sifat asteroid yang bersembunyi di wilayah ini, dan terkadang, kejutan dapat terjadi. 

Pada 2013, asteroid yang jauh lebih kecil, hanya selebar 66 kaki (20 m), tiba dari arah matahari sepenuhnya tanpa peringatan. Asteroid itu meledak di atas kota Chelyabinsk di Rusia tenggara, menghancurkan jendela di ribuan bangunan.

“Hanya sekitar 25 asteroid yang mengorbit sepenuhnya di dalam orbit Bumi yang telah ditemukan hingga saat ini karena kesulitan mengamati dekat silau matahari,” Scott S Sheppard, astronom di Laboratorium Bumi dan Planet dari Carnegie Institution for Science dan penulis utama makalah yang menjelaskan penemuan baru tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Penemuan AP7 2022, yang akan jauh lebih merusak daripada Chelyabinsk jika menabrak Bumi, hanya mungkin berkat Kamera Energi Gelap supersentif (DEC) di Cerro Tololo Inter-American Observatory di Chili, yang memindai langit selama jam senja ketika asteroid ini dapat dideteksi dalam dua periode 10 menit setiap hari.

“Sejauh ini kami telah menemukan dua asteroid besar dekat Bumi yang lebarnya sekitar 1 satu kilometer [0,6 mil], ukuran yang kami sebut pembunuh planet,” kata Sheppard.

Karena asteroid bagian dalam tata surya sangat sulit dideteksi, mereka kurang terwakili dalam model populasi batuan ruang angkasa tata surya secara keseluruhan. Namun, Sheppard percaya bahwa hanya beberapa “pembunuh planet” yang tidak diketahui yang tersisa di wilayah yang sulit diamati ini. Kabar baiknya adalah sebagian besar asteroid yang tidak diketahui ini kemungkinan mengikuti orbit yang menjauhkan mereka dari Bumi.

“Kemungkinan hanya ada beberapa [Asteroid Dekat Bumi] dengan ukuran yang sama yang tersisa untuk ditemukan, dan asteroid besar yang belum ditemukan ini kemungkinan memiliki orbit yang membuat mereka tetap berada di dalam orbit Bumi dan Venus hampir sepanjang waktu,” kata Sheppard.

Selain AP7 2022 yang berpotensi mengancam, para astronom menemukan dua batuan ruang angkasa lain yang lebih kecil dalam pengamatan DEC, salah satunya adalah yang paling dekat dengan matahari yang pernah terlihat. Karena kedekatannya dengan bintang di pusat tata surya, asteroid yang diberi nama 2021 PH27 ini mengalami efek relativitas umum terbesar di antara semua objek tata surya, kata para ilmuwan dalam pernyataannya.

Menurut teori relativitas umum Albert Einstein, benda-benda masif membengkokkan ruang-waktu, yang dapat mempengaruhi gerakan benda-benda lain di sekitarnya. Efek ini, yang sangat kecil, dapat diamati sebagai ketidakteraturan dalam orbit planet dan asteroid yang tidak dapat dijelaskan oleh fisika Newton. Untungnya, keduanya, 2021 PH27 dan asteroid ketiga, bernama 2021 LJ4, mengikuti orbit yang tidak bersinggungan dengan Bumi.

Para astronom saat ini memantau lebih dari 2.200 asteroid yang berpotensi berbahaya, batuan ruang angkasa yang mengorbit sangat dekat dengan Bumi dan lebih lebar dari 1 kilometer. Asteroid semacam itu menjadi perhatian terbesar karena akan menyebabkan kehancuran luas, berpotensi mempengaruhi seluruh planet.

Namun, bahkan asteroid yang jauh lebih kecil akan menyebabkan banyak masalah jika jatuh ke daerah padat penduduk. Misalnya, sebuah asteroid dengan lebar hanya 160 kaki (50 m) akan menyebabkan kerusakan di seluruh kota London jika meledak di atas pusat kota.

Untungnya, para astronom mampu menghitung lintasan asteroid selama berabad-abad ke depan dan saat ini tidak ada batuan ruang angkasa yang diketahui yang seharusnya membuat kita khawatir. Dan pada saat batu seperti itu muncul, komunitas antariksa global berharap memiliki alat di tangan mereka untuk melindungi planet ini.

Pada September, misi Double Asteroid Redirection Test (DART) NASA berhasil mengubah lintasan moonlet asteroid selebar 525 kaki (160 m) Dimorphos yang mengorbit di sekitar batuan induknya yang selebar 2.560 kaki (780 m), Didymos. Keberhasilan percobaan pertama dari jenisnya ini menunjukkan bahwa selama kita mengetahuinya cukup awal, kita mungkin dapat menjauhkan asteroid yang mengganggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement