Rabu 19 Oct 2022 13:36 WIB

Kawasan Industri Pulogadung Bakal Direlokasi

Menteri BUMN menilai keberadaan kawasan industri di Pulogadung sudah tidak tepat.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur
Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal memindahkan kawasan industri Pulogadung yang dikelola PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) ke wilayah Subang, Jawa Barat (Jabar). Erick menilai keberadaan kawasan industri di Pulogadung sudah tidak tepat.

"Jadi, kawasan industri itu tidak cocok lagi di tengah kota, menambah polusi dan harus pindah, itu pun berubah menjadi green factory di Subang," ujar Erick dalam konferensi pers bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Baca Juga

Erick mengaku telah melakukan pembahasan dengan Heru terkait fungsi kawasan industri Pulogadung ke depan. Hal ini tak lepas dari posisi JIEP yang 50 persen sahamnya dimiliki BUMN melalui PT Danareksa (Persero) dan sisanya milik Pemprov DKI Jakarta.

Erick menyampaikan pengembangan kawasan industri Subang juga merupakan bagian dalam pembangunan ekosistem di Jabar. Erick mengatakan Jabar memiliki potensi besar dalam menjadi pusat pertumbuhan baru dengan adanya Bandara Kertajati yang fokus pada pelayanan kargo, Pelabuhan Patimban, akses jalan tol, hingga kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Ekosistem pembangunan Jabar perlu dimaksimalkan karena ada Kertajati yang sahamnya mayoritas Pemda, bukan BUMN, itu inisiasi Pemda, cuma kadang-kadang kalau ada yang mangkrak itu dibilang BUMN, tapi kembali, tidak boleh saling menyalahkan, harus bangun ekosistem. Makanya saya mendorong yang namanya kawasan industri baru di Subang. Pak Heru punya cita-cita di Jakarta Timur," ucap Erick.

Erick menyampaikan penguatan ekosistem yang terintegrasi ini juga menjadi perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil. Erick menyebut Kang Emil telah berkomitmen untuk menyinergikan transportasi publik dengan kawasan industri di Jabar.

"LRT, kereta cepat, KRL, akan jadi satu-kesatuan. Kemarin Gubernur Jabar juga sudah membuat pernyataan, bukan tidak mungkin titik akhir kereta cepat menjadi bagian dari perbaikan fasilitas untuk pusat pemerintah Jabar. Inilah sinergi yang kita dorong sama-sama," ungkap Erick.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan Pemprov DKI Jakarta akan mendesain ulang kawasan industri Pulogadung. Meski begitu, Heru belum dapat mengungkapan rencana fungsi kawasan industri Pulogadung ke depan.

"Nanti kita desain ulang dan itu jadi kawasan baru, (sementara) miliknya BUMN pindah ke luar kota. Kami desain tata ulang sesuai keinginan terkini dan sudah adaptasi dengan desain anak-anak muda, itu potensi stategis yang perlu dijalankan," kata Heru.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement