Sabtu 17 Sep 2022 12:08 WIB

De Gea Ungkap Hampir Gabung Wigan Athletic pada 2009

De Gea juga diduga menerima tawaran dari Queens Park Rangers

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Muhammad Akbar
Penjaga gawang Manchester United David de Gea saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Leicester City dan Manchester United di stadion King Power di Leicester, Inggris, Kamis, 1 September 2022.
Foto: AP/Rui Vieira
Penjaga gawang Manchester United David de Gea saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Leicester City dan Manchester United di stadion King Power di Leicester, Inggris, Kamis, 1 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER--Penjaga gawang Manchester United David de Gea mengungkapkan dirinya sudah sangat dekat bergabung dengan Wigan Athletic pada tahun 2009 sebelum akhirnya pindah ke MU dua tahun kemudian. 

Kiper asal Spanyol itu memulai karirnya bersama Atletico Madrid. Ia bergabung dengan Atletico saat usianya 13 tahun.

De Gea melakukan debut profesionalnya saat berusia 18 tahun pada September 2009. Ia masuk sebagai pemain pengganti dalam kekalahannya di penyisihan grup Liga Champions melawan FC Porto kala itu. 

De Gea dinilai sebagai pemain masa depan Atletico yang berjuang mendapatkan tempat regular.

Saat itu ia masih di belakang Sergio Asenjo dan Roberto dalam daftar kiper Atletico. Dengan kesempatan terbatas itu, De Gea ditawari kesempatan bergabung dengan Wigan di Liga Inggris di bawah pelatih Steve Bruce. 

Dalam sebuah wawancara dengan BT Sport, De Gea ditunjukkan kaos Wigan dan ditanya apakah hampir menandatangani kontrak dengan mereka.

De Gea mengakuinya hampir bergabung dengan mereka. Dan kaos yang ditunjukkan itu merupakan jersey musim 2009/2010.

"Yah, saya berada di Atletico dan itu adalah musim yang sama ketika saya melakukan debut dan saya seperti penjaga ketiga dan bahkan tidak banyak diperhitungkan untuk tim, hanya berlatih. Tidak ada yang lain," kata De Gea, dilansir dari Sportsmole, Sabtu (17/9).

Ia menambahkan Wigan sudah menghubunginya dan sudah dekat untuk menandatangani kontrak. 

Wigan berada di zona degradasi selama beberapa musim sebelum turun ke divisi Championship pada tahun 2013.

Sejak saat itu perjalanan mereka naik turun antara divisi dua dan tiga sepakbola Inggris.

De Gea juga diduga menerima tawaran dari Queens Park Rangers dan Numancia tetapi pada akhirnya bertahan di Atletico. 

Ia mencatatkan 84 penampilan di semua kompetisi serta memenangkan La Liga Europa pada 2009/2010 bersama Los Rojiblancos.

Penampilannya bersama Atletico kemudian menarik perhatian Sir Alex Ferguson pelatih MU waktu itu. 

Ferguson mengontrak De Gea dengan harga sekitar 18,9 juta Poundsterling pada musim panas 2011 sebagai pengganti Edwin van der Sar. 

Hingga sekarang De Gea tela mencatatkan 495 pertandingan di semua turnamen. De Gea membuat 168 clean sheet dan memenangkan tujuh trofi bersama MU termasuk Liga Inggris, Liga Europa dan Piala FA.

De Gea juga banyak mendapatkan penghargaan individu selama waktunya di Old Trafford. 

Ia memenangkan penghargaan Pemain Terbaik musim ini sebanyak empat kali serta masuk dalam daftar Tim Liga Inggris Tahun ini lima kali. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement