Rabu 14 Sep 2022 11:30 WIB

Indonesia Berpotensi Tambah Lima Unicorn Baru di 2023

Indonesia termasuk negara yang paling cepat memunculkan unicorn

Ilustrasi Bisnis Rintisan atau Startup. Indonesia berpotensi menambah hingga lima perusahaan rintisan (unicorn) baru di tahun 2023,
Foto: pixabay
Ilustrasi Bisnis Rintisan atau Startup. Indonesia berpotensi menambah hingga lima perusahaan rintisan (unicorn) baru di tahun 2023,

REPUBLIKA.CO.ID, PENANG -- Indonesia berpotensi menambah hingga lima perusahaan rintisan (unicorn) baru di tahun 2023, kata Koordinator Digital Startup Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sony Sudaryana.

"Kalau kita melihat potensi ya tahun depan bakal ada lima unicorn baru. Di pandemi saja, kita muncul tiga atau empati unicorn baru," kata Sony di Penang, Rabu (14/9/2022).

Indonesia, menurut dia, termasuk negara yang paling cepat memunculkan unicorn, startup dengan valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS. Gambaran komposisi unicorn di ASEAN, Indonesia saat ini berada di urutan ke-2 dengan 11 unicorn, sedangkan Singapura memiliki 15 unicorn.

Namun dari segi valuasi ekonomi, unicorn dari Indonesia ada di urutan pertama dengan total 39 miliar dolar AS, sedangkan Singapura mencapai 23 miliar dolar AS.

Selama pandemi Covid-19, saat perusahaan banyak yang bangkrut atau tiarap, Sony mengatakan Indonesia berhasil menciptakan tiga hingga empat unicorn. Dalam satu sesi diskusi panel Membangun Lanskap Start-up Asia Tenggara di acara World Congres On Innovation and Technology 2022 di Penang ia mengatakan Indonesia merupakan medan pertempuran sebenarnya bagi startup dari Tanah Air maupun kawasan.

Ia menyebut pasar Indonesia terbesar di kawasan ASEAN, mencapai 40 persen. Dan banyak unicorn dari Singapura atau dari negara lain menjadi besar karena pasar Indonesia. Yang menariknya, Sony mengatakan pasar Indonesia memiliki adaptasi teknologi yang bagus.

"Gampang viral kan. Apa-apa, viral. Itu juga karena jumlah usia produktifnya sedang di puncak-puncaknya. Kita sedang (memasuki) bonus demografi, otomatis banyak anak mudanya, kemudian teknologinya cepat adaptasinya," ujar dia.

Pemerintah juga fokus mendorong adaptasi teknologi digunakan dengan baik dan benar, tidak cuma untuk bersenang-senang, tetapi dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, kata dia. Upaya tersebut dilakukan lewat program literasi digital.

Sehingga, ia mengatakan ada impak ekonomi dari setiap sen yang diinvetasikan oleh pemerintah di konektivitas. Kelebihan lain yang Indonesia miliki, menurut dia, keberagaman yang dapat menjadi mesin dari inovasi. Dengan lebih dari 17 ribu pulau, 1.200 etnik, lebih dari 700 bahasa, itu adalah mesin inovasi.

"Kita ada berapa jenis soto sih? Kita ada punya berapa jenis rujak? Itu kita masukan ke dunia teknologi. Jadi inovasi muncul karena keberagaman dan itu di Indonesia tempatnya? kata Sony.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement