Kamis 01 Sep 2022 22:14 WIB

Sambut Piala Dunia, KNVB Gelar Festival Oranje di Indonesia

KNVB ingin merangkul penggemar Oranje di Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Sekjen KNVB Gijs de Jong dan Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita dalam konferensi pers Festival Oranje Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (1/9/2022).
Foto: dok. Oranje Indonesia
Sekjen KNVB Gijs de Jong dan Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita dalam konferensi pers Festival Oranje Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (1/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) akan menggelar Festival Oranje alias festival untuk para penggemar timnas Belanda di Indonesia pada 25 November 2022. Ini bertepatan dengan laga Belanda vs Ekuador di pertandingan kedua Grup A Piala Dunia 2022. KNVB ingin merangkul penggemar Oranje, julukan timnas Belanda, di Indonesia. 

Festival ini merupakan yang pertama dalam sejarah sekaligus untuk merayakan kembalinya Belanda ke kejuaraan Piala Dunia 2022 setelah sempat absen pada edisi 2018. Sekjen KNVB Gijs de Jong mengaku kagum dengan antusiasme suporter Oranje di Indonesia. Pihaknya ingin menyelenggarakan banyak kegiatan untuk menciptakan pengalaman yang unik bagi mereka.

Baca Juga

"Kami pernah melihat video penggemar di Indonesia konvoi di jalan mengendarai sepada motor sambil mengenakan atribut oranye setelah Oranje memenangkan pertandingan. Selain itu, data juga menunjukkan ada lebih dari 12 juta Oranjefans di Indonesia. Ini benar-benar luar biasa dan sesuatu yang ingin kami rangkul," kata Gijs de Jong di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Tahun ini KNVB akan membawa pengalaman Oranje ke Indonesia dengan menyelenggarakan Festival Oranje Indonesia di Jakarta. Gijs menyebutkan festival ini merupakan hadiah sekaligus bukti keseriusan KNVB dalam menjaga hubungan baik dengan fans Indonesia. 

"Kami sangat ingin menunjukkan apresiasi kami atas dukungan mereka selama ini dan berharap dukungan mereka sekali lagi pada Piala Dunia mendatang," katanya.

Festival akan berlangsung pada 25 November di area Stadion Gelora Bung Karno (GBK) saat Belanda berhadapan dengan Ekuador. Para penggemar nantinya akan menyaksikan pertandingan bersama-sama alias nobar, yang akan dimeriahkan dengan penampilan live musik oleh musisi lokal, tarian tradisional, festival kuliner, dan bincang-bincang dengan legenda timnas Belanda.

KNVB memahami Indonesia sebagai negara yang memiliki basis penggemar yang besar, sebab itu Gijs mengatakan pihaknya ingin memberikan sesuatu yang spesial dengan meluncurkan koleksi merchandise eksklusif Oranje Indonesia. Dalam koleksi itu, lambang Singa (Belanda) dan Garuda (Indonesia) ditampilkan dengan setara.

"Dengan desain ini KNVB ingin merangkul semua penggemar sepak bola Indonesia sebagai teman dan keluarga dalam mendukung timnas Belanda sebagai tim favorit kedua setelah timnas Indonesia," ujarnya.

Festival ini juga mendapat dukungan dari PSSI. Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita mengungkapkan hubungan yang baik dengan KNVB menjadi semangat tersendiri mengejar target agar timnas Indonesia tampil di Piala Dunia 2022.

"Kedatangan mereka ke sini sekaligus membuka jalan buat kami. Seperti yang dibilang oleh Pak Gijs de Jong, mau melihat timnas Indonesia bermain di Piala Dunia," ujar Maaike.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement