Ahad 28 Aug 2022 12:29 WIB

Skandal Data Facebook-Cambridge Analytica Berakhir Damai

Skandal data Facebook Cambridge Analytica terungkap empat tahun lalu.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Cambridge Analytica, perusahaan yang diduga membocorkan data pengguna Facebook untuk kepentingan politik.
Foto: EPA
Cambridge Analytica, perusahaan yang diduga membocorkan data pengguna Facebook untuk kepentingan politik.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Facebook telah secara dramatis setuju untuk menyelesaikan gugatan mencari ganti rugi karena mengizinkan Cambridge Analytica mengakses data pribadi puluhan juta pengguna. Selama empat tahun setelah Observer mengungkap skandal yang menjerumuskan raksasa teknologi itu dalam kontroversi berulang.

Seperti dilansir dari laman The Guardian, Ahad (28/8/2022) pengajuan pengadilan mengungkapkan bahwa Meta, perusahaan induk Facebook, pada prinsipnya telah menyelesaikan tuntutan hukum jangka panjang dengan jumlah yang tidak diungkapkan yang mengklaim Facebook secara ilegal berbagi data pengguna dengan perusahaan analisis Inggris.

Baca Juga

Hal ini mengikuti pengungkapan penyalahgunaan data massal yang dilakukan oleh pelapor Cambridge Analytica kepada Observer pada 2018, sebuah paparan yang memaksa kepala eksekutif Mark Zuckerberg dapat bersaksi di depan Kongres dan menyebabkan perusahaan media sosial itu menerima denda miliaran pound. Adapun beberapa hari setelah cerita itu diterbitkan, harga saham Facebook turun setara dengan lebih dari 100 miliar dolar AS.

Namun, beberapa menyatakan cemas bahwa waktu penyelesaian potensial akan mencegah Zuckerberg dan Chief Operating Officer Meta, Sheryl Sandberg, bersaksi selama enam jam interogasi oleh pengacara penggugat bulan depan.

Jurnalis Observer Carole Cadwalladr yang investigasinya terhadap Facebook dan Cambridge Analytica juga membantu menginspirasi film Netflix The Great Hack. “Ini adalah ukuran seberapa putus asa Zuckerberg untuk menghindari menjawab pertanyaan tentang Facebook yang menutup-nutupi pelanggaran data Cambridge Analytica. Facebook telah menyelesaikan kasus ini hanya beberapa hari sebelum dia diperiksa di bawah sumpah selama enam jam,” ucapnya.

Muncul bahwa Zuckerberg dan Sandberg, yang baru-baru ini mengumumkan dia akan mengundurkan diri pada musim gugur, akan menghadapi pertanyaan, dengan deposisi yang dijadwalkan berlangsung mulai 20 September.

Perkembangan terbaru mengikuti gugatan terpisah tahun lalu yang mengklaim Facebook membayar 4,9 miliar dolar AS lebih dari yang diperlukan Komisi Perdagangan Federal (FTC) AS dalam penyelesaian atas skandal Cambridge Analytica untuk melindungi Zuckerberg.

Gugatan itu menuduh bahwa ukuran penyelesaian lima miliar dolar AS dimotivasi oleh keinginan untuk mencegah pendiri Facebook disebutkan dalam pengaduan FTC. “Kebenarannya akan terungkap suatu hari nanti – tetapi hari ini bukan hari itu,” ucapnya.

Dalam pengajuan pengadilan baru, diungkapkan Jumat malam, persyaratan keuangan atau rincian penyelesaian awal tidak diberikan.

Pengamat meminta Facebook dan pengacaranya untuk membagikan rincian lebih lanjut tentang penyelesaian prinsip tetapi menolak untuk menanggapi. Namun, pengajuan tersebut meminta hakim di pengadilan federal San Francisco untuk menunda gugatan class action selama 60 hari sampai pengacara penggugat dan Facebook menyelesaikan penyelesaian tertulis.

Gugatan empat tahun, yang diajukan oleh sekelompok pengguna Facebook, menuduh Facebook melanggar undang-undang privasi konsumen dengan berbagi data pribadi pengguna dengan perusahaan lain seperti Cambridge Analytica, yang menyatakan dirinya bangkrut dua bulan setelah paparan Observer.

Pengguna Facebook menggugat perusahaan pada 2018 setelah muncul perusahaan analitik Inggris yang terkait dengan kampanye sukses mantan presiden AS Donald Trump 2016 di Gedung Putih memperoleh akses ke data sebanyak 87 juta pelanggan jaringan media sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement