Jumat 26 Aug 2022 20:02 WIB

Hal-Hal yang Sering Dihindari Oleh Orang Sehat, Anda Termasuk?

Ada beberapa hal umum yang biasanya dihindari oleh orang-orang sehat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Hal-hal yang tidak dilakukan oleh orang sehat, salah satunya makan banyak junk food. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Hal-hal yang tidak dilakukan oleh orang sehat, salah satunya makan banyak junk food. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi sehat tidak lepas dari apa yang dilakukan dan tidak dilakukan. Di luar hal-hal yang sudah jelas seperti merokok, memakai narkoba, dan lainnya, ada beberapa hal umum lain yang juga dihindari oleh orang-orang sehat. 

Dilansir laman Eat This Not That, Jumat (28/8/2022) berikut enam hal utama yang tidak pernah dilakukan oleh orang yang sangat sehat:

Baca Juga

1. Terobsesi dengan kesehatan

Ya, penting untuk menjaga kesehatan Anda, tetapi mengelola setiap mikro nutrisi, mengonsumsi puluham suplemen, atau mengkhawatirkan setiap kemungkinan penyakit adalah kontraproduktif. Anda masih perlu menjalani hidup.

 

Tentu, orang sehat membutuhkan pemeriksaan rutin, tetapi mereka tidak menjadi termakan olehnya. Lakukan yang terbaik yang And bisa dan kemudian relakan. Keseimbangan adalah kuncinya.

2. Menjalani hidup pasif 

Meskipun berolahraga beberapa kali sepekan itu penting, bagaimana dengan sisa rutinitas harian Anda? Orang yang paling sehat sering bergerak, bahkan jika itu berjalan kaki setiap hari, berolahraga, bersepeda ke tempat kerja, atau menari. Bergerak setiap hari membakar kalori, membantu tunuh tetap kuat, membangun jantung yang sehat, mempertahankan fleksibilitas, dan banyak lagi.

3. Mengurangi waktu tidur

Sekitar 70 juta orang dewasa di Amerika Serikat (AS) berjuang dengan masalah tidur berkelanjutan, yang membahayakan kesehatan mereka. Lagi pula, tidur adalah momen tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri, melawan infeksi, dan menjaga pikiran tetap tajam.

Menurut pedoman National Sleep Foundation, orang dewasa yang sehat harus mendapatkan tujuh hingga sembilan jam tidur nyenyak setiap malam. Individu yang lebih tua dari 65 tahun harus mendapatkan tujuh hingga delapan jam waktu tidur setiap malam. Untuk membantu menerapkan rutinitas sebelum tidur yang baik, hentikan penggunaan elektronik sebelum tidur, dan hindari kafein dan alkohol pada sore atau malam hari.

4. Makan terlalu banyak junk food

Kita semua tahu bahwa makan terlalu banyak junk food membuat kesehatan memburuk. Tetapi tidak pernah makan junk food juga tidak benar.

Ya, orang sehat mengonsumsi makanan seimbang yang penuh dengan sayuran, buah-buahan, dan sumber protein dan karbohidrat yang sehat. Tetapi mereka tidak merasa bersalah ketika mereka memiliki sepotong kue atau es krim.

5. Melupakan cairan

Hal selanjutnya yang tidak dilakukan oleh orang-orang yang sangat sehat adalah tidak minum cukup cairan (atau melupakannya sama sekali). Hidrasi sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan, bahkan tingkat dehidrasi terkecil pun dapat memengaruhi konsentrasi, suasana hati, energi, dan banyak lagi.

Minum banyak air dan sesekali kopi atau teh (tanpa banyak gula dan aditif). Jumlah cairan yang diminum tergantung pada seberapa banyak aktivitas fisik yang dilakukan, cuaca, dan lainnya.

6. Terlalu banyak stres

Hidup sehat bukan hanya tentang otot atau lemak, namun kesehatan mental dan emosional juga sangat penting. Ingatlah untuk tertawa dan tersenyum setiap hari.

Orang yang paling sehat dari semuanya tidak membuang energi mereka untuk hal-hal negatif, stres, atau kemarahan. Ketika hal-hal buruk terjadi, mereka bergerak cepat dan fokus pada bagian terbaik dari kehidupan. Hal-hal seperti rasa syukur atau dapat melakukan keajaiban bagi kesehatan mental Anda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement