Ahad 21 Aug 2022 05:43 WIB

Ciri-Ciri Orang Munafik yang Diungkap Alquran

Alquran menjelaskan ciri-ciri orang munafik.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Munafik/ilustrasi
Foto: top-10-list.org
Munafik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Alquran menjelaskan ciri-ciri orang munafik, yakni mereka mengaku beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Tapi perbuatan mereka bertentangan dengan ajaran Islam yang disampaikan Rasul-Nya. Hal ini dijelaskan dalam Surah An-Nur Ayat 47 dan tafsirnya.

وَيَقُوْلُوْنَ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالرَّسُوْلِ وَاَطَعْنَا ثُمَّ يَتَوَلّٰى فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ ذٰلِكَۗ وَمَآ اُولٰۤىِٕكَ بِالْمُؤْمِنِيْنَ

Baca Juga

Mereka (orang-orang munafik) berkata, "Kami telah beriman kepada Allah dan Rasul (Nabi Muhammad) dan kami menaati (keduanya)." Kemudian, sebagian dari mereka berpaling setelah itu. Mereka itu bukanlah orang-orang mukmin. (QS An-Nur: 47)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, pada ayat ini Allah menjelaskan ciri-ciri orang munafik, mereka selalu mengatakan kami beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, tetapi mereka selalu mengerjakan hal-hal yang bertentangan dengan Islam dan tidak pernah patuh dan taat kepada hukum Allah dan Rasul-Nya.

 

Sebenarnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman. Iman mereka hanya di mulut saja, tetapi hati mereka tetap kafir, dan dipenuhi oleh kekotoran hawa nafsu.

Bila ada sesuatu yang menguntungkan mereka, mereka berani bersumpah bahwa mereka benar-benar orang-orang yang beriman. Tetapi bila ada sesuatu yang merugikan dengan pernyataan beriman itu mereka lari berpihak kepada musuh-musuh Islam.

Apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman.” Akan tetapi apabila mereka menyendiri dengan setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, “Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya mengolok-olok." (QS Al-Baqarah: 14)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement