Jumat 08 Jul 2022 23:40 WIB

Anak Kurus dan Stunting Bisa Tingkatkan Angka Kesakitan

Kurus dan stunting adalah suatu kondisi malnutrisi.

ilustrasi Stunting
Foto: Republika/Mardiah
ilustrasi Stunting

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter RSUP Sanglah Denpasar, I Gusti Ayu Putu Eka Pratiwi menyampaikan bahwa anak yang mengalami wasting (kurus) dan stunting (kekerdilan) dapat menyebabkan angka kesakitan meningkat. Dia mengatakan wasting dan stunting adalah suatu kondisi malnutrisi, sudah tentu tidak baik-baik saja.

Ia mengemukakan, dampak jangka waktu pendek pada anak yang mengalami wasting dan stunting seperti penurunan daya tahan tubuh terhadap infeksi sehingga mudah sakit. Pemulihannya lebih sulit dibandingkan dengan anak-anak yang status gizinya normal.

Baca Juga

"Nah sudah tentu angka kesakitan dan kematian anak-anak yang stunting ataupun wasting akan lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang status nutrisinya baik," tuturnya.

Ia menambahkan, kondisi stunting merupakan dampak jangka panjang dari wasting pada anak. Dengan demikian, kondisi itu dapat menyebabkan kemampuan intelektualnya menjadi berkurang.

"Performa di sekolah menjadi lebih rendah dibanding anak-anak dengan riwayat tanpa stunting atau wasting," paparnya.

Beranjak dewasa, lanjut dia, kemampuan kerja anak-anak dengan riwayat wasting atau stunting biasanya tidak sebaik dibanding anak-anak dengan riwayat tanpa stunting atau wasting. "Dan pada usia semakin tua akan terjadi suatu kondisi kelainan metabolik, risikonya akan lebih tinggi dibanding kondisi anak-anak tanpa riwayat wasting ataupun stunting, salah satunya obesitas, kencing manis. Ini harus kita cegah," katanya.

Sebelumnya, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan, bila ditinjau menurut standar Badan Kesehatan Dunia (WHO), hanya Provinsi Bali yang mempunyai status gizi berkategori baik dengan prevalensi stunting 10,9 persen dan prevalensi anak sangat kurus (wasting) mencapai tiga persen. Ia meminta keluarga untuk lebih menghargai masa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) anak agar terbebas dari masalah gizi.

"Dalam 1.000 HPK kemampuan dasar manusia berkembang. Jika terganggu prosesnya terjadi stunting," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement