Rabu 22 Jun 2022 13:02 WIB

Martin Sheen Menyesal Ganti Nama Saat Masuk Hollywood, Ini Nama Aslinya

Martin Sheen mengubah namanya karena terinspirasi aktor idolanya, James Dean.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Hollywod Martin Sheen tiba di upacara pembukaan 10th Dubai International Film Festival (DIFF) 2013 di Dubai, Uni Emirat Arab, 6 December 2013. Mengikuti jejak James Dean yang diidolakannya, aktor Wall Street itu memakai nama panggung ketika terjun ke dunia akting.
Foto: EPA/ALI HAIDER
Aktor Hollywod Martin Sheen tiba di upacara pembukaan 10th Dubai International Film Festival (DIFF) 2013 di Dubai, Uni Emirat Arab, 6 December 2013. Mengikuti jejak James Dean yang diidolakannya, aktor Wall Street itu memakai nama panggung ketika terjun ke dunia akting.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Aktor Martin Sheen menyampaikan salah satu penyesalan terbesarnya selama berkarier di dunia akting. Jika bisa mengulang masa lalu, pria 81 tahun itu tidak mau mengubah namanya demi Hollywood.

Sheen memiliki nama lahir Ramón Antonio Gerardo Estévez. Dia mengubah namanya menjadi Martin Sheen karena terinspirasi aktor idolanya, James Dean, yang melakukan hal serupa dan ingin mengikuti jejaknya.

Baca Juga

Namun, setelah beberapa dekade di dunia hiburan, Sheen berharap dia dikenal sebagai Ramón Estévez. Dia memang tidak pernah mengubah nama secara resmi. Nama di akta kelahiran, surat nikah, paspor, dan SIM tetap sama.

"Terkadang Anda tidak berpikir panjang ketika tidak memiliki cukup wawasan atau cukup keberanian untuk membela apa Anda yakini, dan Anda membayarnya nanti. Tapi, tentu saja, saya hanya berbicara untuk diri saya sendiri," ujar Sheen, dikutip dari laman Fox News, Rabu (22/6/2022).

Sheen semula membintangi sebuah adaptasi dari "Hamlet" di New York City pada 1968. Sejak itu, dia membintangi film-film hit seperti Apocalypse Now, Badlands, Wall Street, dan The West Wing.

Ayahnya semula keberatan saat Sheen menyampaikan keinginan pergi ke New York setelah menyelesaikan sekolah menengah. Dia memahami ketidaksetujuan ayahnya, yang bekerja di pabrik dan memiliki pemikiran praktis.

Orang tua Sheen berharap putra mereka berkuliah dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik daripada mereka. Sempat ada konfrontasi yang sangat besar dan menyakitkan tentang hal itu.

Akhirnya, ayah Sheen melepas putranya mengejar karier di bisnis pertunjukan. Sheen bercerita bahwa ayahnya adalah penggemar berat serial TV western era 1950-an yang penuh adegan menunggang kuda.

Sheen bersyukur ayahnya pada akhirnya melihat komitmen yang dia miliki di industri pertunjukan, perjuangan hidup dan mati yang dia kejar. Ketika Sheen berangkat mengejar cita-citanya, sang ayah memberikan restunya.

Kini, keempat anak Sheen rupanya mengikuti jalan yang dia ambil di dunia akting. Mereka adalah Carlos Irwin Estévez (Charlie Sheen), Emilio Estevez, Renée Pilar Estevez, dan Ramon Estevez.

Sheen mengatakan, dia awalnya tidak sadar anak-anak mereka ingin terjun ke dunia akting. Suatu ketika, Sheen terlibat di suatu pertunjukan dan salah satu putranya, Emilio, muncul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement