Jumat 17 Jun 2022 15:45 WIB

Sebanyak 410 Jamaah Haji Kota Bogor Berangkat ke Makkah Hari Ini

Jamaah jai kloter 36 asal Kota Bogor sebanyak 26 orang berangkat pada 28 Juni 2022.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah keluarga dan kerabat mengantarkan jamaah calon haji saat pelepasan keberangkatan di halaman Pemkab Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/6/2022).
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah keluarga dan kerabat mengantarkan jamaah calon haji saat pelepasan keberangkatan di halaman Pemkab Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak 436 jamaah haji asal Kota Bogor berangkat dari Masjid Al-Miraj atau yang dikenal sebagai Masjid Raya Bogor di Jalan Pajajaran, Kota Bogor, menuju tanah suci Makkah. Dari jumlah tersebut jamaah haji Kota Bogor dibagi menjadi dua kelompok terbang (kloter), yaitu kloter 20 berjumlah 410 jamaah haji dan kloter 36 berjumlah 26 jamaah haji.

Pelepasan haji tersebut dihadiri Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, Kepala Kantor Kemenag Kota Bogor Ramlan Rustandi, Ketua Rabithah Alawiyah Provinsi Jawa Barat Habib Hasan Al Attas, dan perwakilan unsur Forkopimda Kota Bogor.

Kepada para jamaah haji Kota Bogor, Wali Kota Bima Arya Sugiarto menerangkan, pelaksanaan ibadah haji tahun ini spesial. Pasalnya, meski ada pembatasan dari pemerintah Arab Saudi, tetapi jamaah Kota Bogor terpilih dan bisa tetap berangkat menunaikan ibadah haji.

Untuk itu, kata dia, tidak ada kata atau ungkapan yang pantas untuk dipanjatkan selain rasa syukur kepada Allah SWT. Sebab, hanya atas takdir-Nya dapat memenuhi undangan ke Makkah, Arab Saudi.

"Hal spesial yang kedua, insya Allah ibadah haji tahun ini adalah haji akbar. Insya allah, ibadah puncak haji yakni wukuf jatuh pada hari Jumat, 9 Dzulhijjah 1443 (8/7). Semoga doa Bapak/Ibu di ijabah dan dikabul Allah SWT, diampuni segala dosa dan kesalahannya," kata Bima dalam siaran pers kepada Republika di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/6).

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto juga mendoakan para jamaah haji agar nantinya bisa kembali lagi ke Kota Bogor dengan status haji mabrur. Atang punmenitipkan doa kepada para jamaah untuk kebaikan bagi Kota Bogor tercinta. "Semoga semua yang berangkat hari ini, mendoakan Kota Bogor agar menjadi lebih baik lagi," ujar Atang.

Jamaah haji Kota Bogor yang tergabung dalam kloter 20 sebanyak 410 orang akan diberangkatkan pada Jumat. Sedangkan jamaah haji kloter 36 sebanyak 26 orang berangkat pada 28 Juni 2022. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mencatat, jamaah haji Kota Bogor yang berangkat pada tahun ini, usia termuda berusia 22 tahun dan yang paling tua 65 tahun.

Waktu pemulangan jamaah haji tahun 2022 rencananya pada 30 Juli 2022 untuk kloter 20. Adapun kloter 36 dijadwalkan pulang pada 8 Agustus 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement