Sabtu 11 Jun 2022 07:23 WIB

AS akan Hapus Syarat Tes Covid-19 untuk Pendatang dari Luar Negeri

CDC akan mengevaluasi kembali kebijakan tes Covid-19 dalam 90 hari.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Penumpang melihat jadwal penerbangan di Bandara LaGuardia, New York (ilustrasi). Pemerintah AS tidak akan lagi mewajibkan pelancong udara untuk memiliki bukti tes Covid-19 negatif sebelum memasuki negara itu dari luar negeri.
Foto: EPA
Penumpang melihat jadwal penerbangan di Bandara LaGuardia, New York (ilustrasi). Pemerintah AS tidak akan lagi mewajibkan pelancong udara untuk memiliki bukti tes Covid-19 negatif sebelum memasuki negara itu dari luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemerintah AS tidak akan lagi mewajibkan pelancong udara untuk memiliki bukti tes Covid-19 negatif sebelum memasuki negara itu dari luar negeri. Para pejabat mengatakan mereka membatalkan persyaratan karena kemajuan luar biasa yang telah dibuat negara itu dalam perang melawan virus.

Industri perjalanan juga telah mendorong untuk mengakhiri kebijakan tersebut, yang menurut mereka telah menghalangi pemesanan, karena keluarga takut terdampar di luar negeri. Adapun, perubahan mulai berlaku pada Ahad (12/6/2022).

Baca Juga

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) akan mengevaluasi kembali kebijakan tersebut dalam 90 hari. Pemerintah mengatakan akan tidak ragu-ragu untuk bertindak dalam mengembalikan aturan tersebut jika varian baru membuat para pejabat percaya bahwa itu perlu.

"Kami dapat mengambil langkah ini karena kemajuan luar biasa yang telah kami buat dalam perjuangan kami melawan virus: Kami telah membuat vaksin dan perawatan yang menyelamatkan jiwa tersedia secara luas dan alat-alat ini bekerja untuk mencegah penyakit serius dan kematian, dan efektif melawan virus. varian umum yang beredar di AS dan di seluruh dunia," kata seorang pejabat senior kepada wartawan dikutip dari BBC, Sabtu (11/6/2022).

AS memperkenalkan aturan yang mengharuskan pelancong udara untuk dites negatif dalam tiga hari penerbangan mereka - atau memberikan bukti pemulihan baru-baru ini dari virus - pada Januari 2021. 

Presiden AS Joe Biden memperketat kebijakan dalam satu hari penerbangan pada bulan Desember, karena varian Omicron mendorong kasus virus lebih tinggi. Ukuran pengujian tidak berlaku untuk penyeberangan darat. Sebagian besar warga negara non-AS masih harus divaksinasi untuk bepergian ke negara itu.

Jumlah kasus Covid di AS telah turun tajam sejak Januari, meskipun angkanya mulai meningkat lagi dalam beberapa pekan terakhir sebelum stabil. Kematian tetap jauh lebih rendah daripada selama puncak pandemi karena dampak dari program vaksinasi.

Sektor perjalanan, yang mengalami lonjakan permintaan karena kekhawatiran tentang pandemi berkurang, mengatakan AS tertinggal dari negara-negara lain dalam mengevaluasi kembali kebijakan pengujian.

Inggris menghapus semua persyaratan tes Covid-19 untuk perjalanan pada bulan Maret, seperti yang dilakukan Kanada. Italia mengakhiri persyaratan pengujiannya bulan ini.

Pada hari Jumat, Kanada juga mengatakan akan menghentikan pengujian Covid secara acak di bandara selama sisa Juni untuk mengurangi waktu tunggu bagi para pelancong.

Presiden Asosiasi Perjalanan AS Roger Dow mengatakan perubahan kebijakan akan mempercepat pemulihan industri perjalanan AS. Sementara, Asosiasi Transportasi Udara Internasional mengatakan itu adalah berita bagus  karena tindakan tidak efektif itu dibatalkan.

Maskapai Virgin Atlantic juga menyambut baik langkah tersebut, dengan mengatakan itu akan meningkatkan kepercayaan konsumen lebih jauh dan mendukung rebound dalam perjalanan transatlantik musim panas ini.

AS perlahan-lahan melonggarkan pembatasan nasional Covid-19. November lalu, AS mencabut pembatasan pelancong dari lebih dari 30 negara, termasuk Inggris, setelah larangan lebih dari 18 bulan.

Pada bulan April, AS membatalkan persyaratannya bahwa penumpang memakai masker di pesawat setelah pengadilan membatalkan mandat CDC.

Menurut penelitian oleh Asosiasi Perjalanan AS, menghilangkan persyaratan tes kemungkinan akan membawa 5,4 juta pengunjung tambahan ke AS tahun ini, meningkatkan pengeluaran perjalanan sebesar 12 persen.

"Hari ini menandai langkah maju besar lainnya untuk pemulihan perjalanan udara masuk dan kembalinya perjalanan internasional ke Amerika Serikat," kata Dow.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement