Selasa 31 May 2022 12:11 WIB

Karya Grafis Potret Ratu Elizabeth Muda Edisi Terbatas akan Dirilis

Seni grafis berupa potret Ratu Elizabeth muda adalah karya seniman Carne Griffiths.

Seniman asal Inggris Carne Griffiths akan merilis karya grafis berupa potret Ratu Elizabeth muda sebanyak 70 buah dalam edisi terbatas untuk menandai perayaan Platinum Jubilee. (ilustrasi)
Foto: AP/Leslie Priest
Seniman asal Inggris Carne Griffiths akan merilis karya grafis berupa potret Ratu Elizabeth muda sebanyak 70 buah dalam edisi terbatas untuk menandai perayaan Platinum Jubilee. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seniman asal Inggris Carne Griffiths akan merilis karya grafis berupa potret Ratu Elizabeth muda sebanyak 70 buah dalam edisi terbatas untuk menandai perayaan Platinum Jubilee. Karya yang diberi judul "The Platinum Queen" itu menampilkan potret Ratu Elizabeth saat berusia muda sesaat sebelum penobatannya hampir tujuh dekade lalu.

Seni grafis itu dibuat berdasarkan lukisan asli karyanya pada tahun lalu. Pada karya kali ini, Griffiths menambahkan sentuhan tinta akrilik berwarna pink fluorescent di atas cetakan yang telah jadi. Setiap grafis juga dibuat dengan melapisi detail debu berlian pada bagian mahkota dan detail warna platinum leaf.

Baca Juga

"Saya pikir ini adalah momen yang mengharukan untuk merekam momen tepat Yang Mulia pada titik di mana dia akan naik takhta," kata dia, Selasa (31/5/2022).

Saya melukis karya itu, Griffiths mencoba membayangkan hal-hal seperti apa yang akan dia renungkan pada awal pemerintahannya. Elizabeth naik takhta menjadi Ratu Inggris pada 6 Februari 1952 atau setelah kematian ayahnya, Raja George VI. Penobatannya berlangsung pada 2 Juni 1953.

Ratu Elizabeth termasuk penguasa terlama di Inggris dan saat ini penguasa monarki tertua di dunia. Perayaan Platinum Jubilee yang berlangsung selama empat hari akan dimulai pada 2 Juni.

Karya grafis yang dibuat Griffiths itu dijual mulai 4 Juni melalui platform daring West Contemporary Editions dengan harga 1.550 pound atau sekitar Rp 28,4 juta. Uang sebesar 150 pound atau sekitar Rp 2,7 juta dari setiap penjualan karya akan disumbangkan ke sebuah badan amal anak di Rumah Sakit Great Ormond Street (GOSH).

Menurut Griffiths, alasan menyumbangkan donasi ke rumah sakit tersebut karena tempat itu pernah merawat putrinya yang baru lahir pada 2012. Sementara itu, lukisan aslinya telah dijual seharga 25 ribu pound (Rp458,8 juta) pada penggalangan dana pada Desember, dengan sebagian hasil penjualan juga disumbangkan untuk GOSH.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement