Tradisi Warga Jeddah Menikmati Idul Fitri dengan Memancing di Laut Merah

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 04 May 2022 15:09 WIB

Warga tempatan berbincang sambil memancing dengan latar pelabuhan peti kemas Jeddah. Tradisi Warga Jeddah Menikmati Idul Fitri dengan Memancing di Laut Merah Foto: Republika/Fitriyan Zamzami Warga tempatan berbincang sambil memancing dengan latar pelabuhan peti kemas Jeddah. Tradisi Warga Jeddah Menikmati Idul Fitri dengan Memancing di Laut Merah

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Bagi penduduk kota pelabuhan Arab Saudi, Jeddah, Idul Fitri adalah tentang dua makanan pokok tradisional yang sebagian besar dari mereka telah dikenal dan dipraktikkan sejak usia dini, yakni sarapan keluarga dan memancing.

 

Baca Juga

Abu Omar, penjual lokal di Central Fish Market di corniche Jeddah mengatakan, “Salah satu tradisi Idul Fitri yang paling penting bagi umat Islam adalah melakukan sholat Idul Fitri di pagi hari bersama-sama dan kemudian berkumpul bersama keluarga sambil sarapan.”

 

Anak-anak ingin melihat lumba-lumba dan orang dewasa selalu ingin memancing. Orang-orang juga datang dan membeli dari bazar lokal di sini. Datanglah pada pagi hari dan Anda dapat melihat berbagai macam mackerel, lobster, barakuda, udang di pasar ini, dan masih banyak lagi.

 

Selama dua tahun terakhir, Idul Fitri dibatasi untuk pertemuan kecil dan perayaan di ruang pribadi dan publik dilarang karena pembatasan Covid-19. Tahun ini, Arab Saudi melonggarkan pembatasan dan orang-orang sudah menantikan untuk merayakan tradisi favorit mereka, salah satunya adalah memancing di Laut Merah.

 

“Jadi yang penting ‘kita sarapan apa?’. Di sinilah tradisi memancing sangat penting bagi kita semua yang tinggal di dekat laut. Kami dibesarkan di dekat laut sehingga kegiatan memancing datang secara alami kepada kami, tidak peduli seberapa dekat atau jauh Anda tinggal darinya, Anda selalu memiliki keluarga yang berkumpul untuk Idul Fitri," tambahnya.

 

"Ayah dan anak telah melakukan ini sejak Jeddah merupakan pelabuhan perdagangan lama dan tujuan bagi turis dan peziarah. Makanan laut segar kami terkenal dengan penduduk setempat dan bahkan restoran, yang membeli ikan segar dari kami untuk dijual pada pagi Idul Fitri."

 

Dilansir The National, Sabtu (30/4/2022), pada 647 Masehi, khalifah ketiga Islam, Utsman bin Affan, mendirikan Jeddah sebagai pelabuhan untuk membantu peziarah Muslim untuk umroh dan Haji karena kedekatannya dengan kedua kota suci. Studi dan penelitian awal menunjukkan bahwa suku bernama Qudaah pertama kali menetap di Jeddah sekitar 2.500 tahun yang lalu, sebelum tanah itu ditemukan dan dihuni oleh para nelayan.

 

Jeddah tetap menjadi jalur utama bagi peziarah untuk mendapatkan akses ke tempat-tempat suci dalam waktu singkat.

 

Selama bertahun-tahun, kota ini telah menjadi penyatuan beragam budaya, perdagangan, dan tradisi untuk tumbuh menjadi kota metropolitan seperti sekarang ini.

 

Banyak keluarga kosmopolitan yang menjunjung tinggi tradisi dengan pergi ke Laut Merah untuk memancing dan berpetualang di pagi hari Idul Fitri.

 

Sadeem Khaled, seorang ibu Saudi yang tinggal di Jeddah menyatakan “Saya sudah melakukan ini selama lima tahun sejak saya pindah dari Riyadh, di mana kami tidak memiliki laut, ke Jeddah, setelah saya menikah. Setiap pagi Idul Fitri, anak-anak tahu kami menuju ke laut. Suami saya dan saudara-saudaranya senang memancing di pagi hari, jadi mereka melakukannya sementara anak-anak menonton dan melakukan hal-hal mereka sendiri.”

"Kegiatan ini sangat menyegarkan dan merupakan cara yang luar biasa untuk menghabiskan waktu berkualitas di tepi laut bersama keluarga," tambahnya.

 

Karena kegiatan memancing keluarga menjadi lebih jarang dengan pandemi global, penduduk Jeddah mengenang perjalanan masa kecil mereka ketika anggota keluarga berbagi pengalaman bawah laut yang luar biasa.

 

Noor Al Sharif membagikan ceritanya, "Saya ingat (ketika) saya masih muda, saudara laki-laki dan ayah saya pergi memancing di Laut Merah. Ketika saya dewasa, saya menemukan diri saya tertarik pada kehidupan bawah laut dan mulai menyelam di laut dalam. Sekarang bahkan saya pergi dengan ayah saya. Dia lebih tua dan lebih lemah sekarang, tetapi dia senang berada di sana," ucapnya yang merupakan seorang desainer grafis Saudi yang tinggal di Jeddah.

Istrinya mengatakan setelah memancing, keluarga akan mendirikan tempat-tempat kecil di pantai dengan bantal, kasur, dan makanan yang diolesi kopi Arab. Mereka kemudian akan menghabiskan pagi Idul Fitri di corniche bersama dengan banyak keluarga lainnya yang merayakan.

 

Dengan munculnya media sosial, penduduk setempat telah membentuk kelompok online yang mengundang orang asing dan penduduk lokal untuk bergabung dengan mereka dalam berbagai perjalanan memancing.

 

"Kami memiliki grup di Facebook dengan sesama penyelam laut dalam dan kami memutuskan untuk pergi memancing suatu hari nanti, membukanya untuk teman dan publik. Sangat menarik untuk melihat banyak pria dan wanita asing yang mendaftar dan kami mendapat kesempatan untuk ajari mereka tradisi dan budaya kita," kata Al Sharif.

https://www.thenationalnews.com/weekend/2022/04/29/jeddah-residents-relishing-the-return-of-eid-al-fitr-fishing-in-the-red-sea/