Jumat 29 Apr 2022 13:38 WIB

Malam Ini, KM Ciremai Angkut Pemudik Gratis Sepeda Motor dari Tanjung Priok

Mudik gratis ini adalah untuk mengurai kepadatan jalan dan meminimalisasi kecelakaan.

Kapal KM Ciremai akan mengangkut pemudik sepeda motor yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, malam ini.
Foto: Ditjen Hubla
Kapal KM Ciremai akan mengangkut pemudik sepeda motor yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, malam ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sebelumnya kapal KM. Dobonsolo mengangkut ratusan pemudik sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya, malam ini, Jumat (29/4) kapal KM Ciremai yang juga akan mengangkut pemudik sepeda motor akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Rencananya, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi akan melepas keberangkatan kapal KM Ciremai dari pelabuhan Tanjung Priok malam nanti. Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama PT Pelni pada tahun ini kembali mengadakan mudik gratis sepeda motor naik kapal laut.

Masyarakat pengguna sepeda motor yang hendak melaksanakan perjalanan arus mudik atau balik diharapkan dapat memanfaatkan program mudik gratis tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt Mugen S Sartoto mengatakan, salah satu tujuan utama mudik gratis ini adalah untuk mengurai kepadatan jalan dan mengurangi jumlah pemudik roda dua sehingga dapat meminimalisasi angka kecelakaan saat arus mudik atau balik.

 

"Untuk malam ini, keberangkatan naik kapal KM. Ciremai yang saat ini kuotanya masih ada. Silakan saja masyarakat yang berminat untuk segera mendaftar langsung di terminal penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan membawa persyaratannya," ujar Capt Mugen.

Adapun Kapal tersebut dapat mengangkut 1.250 Unit Motor dan 2.500 penumpang. Data posko mudik gratis hari ini (29/4) pukul 13.00 WIB jumlah pemudik yang mendaftar tercatat sebanyak 907 unit sepeda motor dan 1.985 orang dan yang sudah melakukan verifikasi sebanyak 825 unit sepeda motor dan 1.877 orang.

Capt Mugen mengungkapkan, antusias masyarakat dalam mengikuti program mudik gratis ini cukup tinggi. Terbukti dari kuota arus mudik yang saat ini sudah hampir penuh.

Adapun rute yang dilalui untuk mudik gratis sepeda motor 2022 adalah Jakarta – Semarang - Surabaya (Arus Mudik) dan Surabaya - Semarang – Jakarta (Arus Balik).

Jadwal mudik rute Jakarta – Semarang – Surabaya dengan KM Ciremai tanggal 29 April 2022 Jam 22:00 WIB.

Sedangkan jadwal balik rute Surabaya – Semarang – Jakarta dengan  KM Ciremai tanggal 9 Mei 2022 Jam 17:00 WIB dan KM Dobonsolo tanggal 11 Mei 2022 Jam 17:00 WIB 

"Untuk info selengkapnya dapat langsung mengakses http://mudikgratis.dephub.go.id/ dan terus memantau akun resmi media sosial @djplkemenhub151 ," tutup Capt Mugen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement