Selasa 19 Apr 2022 13:16 WIB

Masinton Vs Luhut, Puan: Wacana Penundaan Pemilu tak Usah Dibahas Lagi

Puan minta semua pihak akhiri wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Ketua DPR RI Puan Maharani
Foto: istimewa
Ketua DPR RI Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani enggan menanggapi perseteruan antara politikus PDIP Masinton Pasaribu dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Ia meminta semua pihak mengakhiri wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan.

"Presiden sudah menyatakan bahwa proses tahapan Pemilu 2024 sudah mulai dilaksanakan yaitu pemilu tetap akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024, jadi saya rasa polemik terkait apakah ditunda atau tidak ditunda dan kita sudahi saja jadi ya kita tidak usah berbicara lagi tentang hal itu," kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga

Puan mengatakan, hal yang terpenting saat ini adalah bagaimana saat ini memulai proses tahapan pemilu. Terlebih, pemerintah juga sudah melantik komisioner KPU dan Bawaslu.

"KPU Bawaslu juga sudah dilantik yang baru dan juga sudah mulai melaksanakan rapat rapat di DPR sesuai mekanismenya untuk melaksanakan tahapan tahapan yang ada, itu saja," ucapnya.

 

Sebelumnya, anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI terkait pernyataannya yang menyebut Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Brutus di Istana. Laporan tersebut disampaikan langsung  Relawan Indonesia Bersatu (RIB) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

"Hari ini saya Risman Hasibuan melaporkan saudara Masinton Pasaribu, anggota DPR dari Fraksi PDIP yang mana kami lihat di publik beberapa hari ini sangat membuat kegaduhan, beliau melontarkan bahasa yang tidak beretika, menyerang yang namanya Bapak Luhut Binsar Pandjaitan yang kita tahu beliau adalah pembantu presiden yang saat ini membantu presiden dalam membangun dan mengawal pemerintahan pak Jokowi," kata Koordinator RIB, Risman Hasibuan, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/4/2022).

Risman menilai pernyataan Masinton tersebut tidak elok disampaikan ke publik. Menurutnya, DPR punya forum khusus untuk menyampaikan kritik.

"Saya hadir ke MKD hari ini, 18 April 2022 dan Alhamdulillah berkas kami diterima dan kami minta MKD memanggil bung Masinton untuk dimintai keterangan karena memang tidak elok lah," ucapnya

Sementara Masinton Pasaribu menanggapi santai adanya pihak yang melaporkan dirinya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Menurutnya, laporan terkait pernyataannya yang menyebut Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan merupakan sesuatu yang lawak.

"Saya tidak tanggapi laporan sirkus lawak-lawak. Apa legal standing-nya melaporkan," ujar Masinton.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement