Ahad 10 Apr 2022 23:51 WIB

Apa Saja Asuransi yang Ada di Takaful Umum?

Apa Saja Asuransi yang Ada di Takaful Umum?

Rep: Business Update (swa.co.id)/ Red: Business Update (swa.co.id)
Apa Saja Asuransi yang Ada di Takaful Umum?
Apa Saja Asuransi yang Ada di Takaful Umum?

Sebagai salah satu perusahaan asuransi syariah pertama di Indonesia, Takaful Umum ingin menyajikan berbagai macam produk asuransi untuk masyarakat Indonesia. Sehingga, pilihan produk asuransi syariah tidak terbatas hanya asuransi kesehatan dan asuransi mobil saja.

 

Peminat asuransi syariah di Indonesia memang terus meningkat sejak pertama kali diperkenalkan ke masyarakat.

Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya masyarakat sadar pentingnya asuransi untuk kestabilan finansial, tetapi terhalang dengan cara transaksi yang tidak sesuai dengan hukum syariah.

Itulah mengapa Takaful Umum berusaha menyediakan produk asuransi syariah untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat Indonesia.

Kalau soal produk asuransi kesehatan dan kendaraan bermotor pastinya Anda sudah pernah dengar.

Tapi, kedua program asuransi tersebut bukanlah satu-satunya produk yang disediakan oleh perusahaan ini, karena masih ada program asuransi yang lain seperti:

Semua produk di atas menggunakan perhitungan dan sistem transaksi yang sesuai aturan syariah. Sehingga masyarakat tidak perlu ragu akan kejelasan hukum dan tata cara pembayarannya.

Asuransi harta benda dan asuransi uang mungkin sudah pernah Anda dengar. Tapi apa itu asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga, asuransi proyek, dan asuransi pengangkutan?

Nah, mari kita bahas semuanya dalam penjelasan berikut ini.

Produk asuransi harta benda merupakan perlindungan yang diberikan kepada aset Anda, apapun bentuk asetnya.

Beberapa contoh aset yang bisa dilindungi dengan asuransi ini misalnya rumah, surat-surat berharga, tanah, dan lain sebagainya.

Asuransi harta benda di Takaful Umum sendiri ada banyak pilihannya, seperti:

Semua produk tersebut dibedakan berdasarkan bencana yang bisa jadi penyebab rusaknya aset yang ingin Anda lindungi.

Sesuai dengan namanya, program asuransi yang satu ini melindungi uang yang Anda simpan. Tapi uang yang dilindungi bukan hanya berbentuk tunai atau tabungan, tapi bisa juga dalam bentuk lain, seperti:

Perusahaan asuransi akan mengganti sesuai polis jika terjadi perampokan, penondongan, kekerasan, bencana alam, atau faktor lainnya yang menyebabkan kerugian bagi nasabah karena uang teresebut tidak bisa digunakan lagi.

Walaupun terdengar asing bagi masyarakat awam, sebenarnya produk asuransi uang ini sudah banyak digunakan. Bahkan, hampir semua perusahaan asuransi punya layanan asuransi uang, misalnya Wahana Tata.

Satu lagi asuransi yang tidak banyak orang tahu adalah asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga. Mendengar namanya saja mungkin Anda sudah bingung.

Program asuransi tanggung jawab hukum pihak ketiga adalah asuransi yang diberikan kepada pihak ketiga, tapi dibayar oleh nasabah. Artinya klaim yang dicairkan akan diberikan kepada pihak ketiga yang merasa dirugikan.

Ada 2 jenis asuransi tanggung jawab pihak ketiga yang tersedia di sini, yaitu:

Produk yang pertama memberikan penanggungan kepada pihak ketiga yang merasa dirugikan akibat kelalaian nasabah dalam berkendara.

Sementara itu, produk yang kedua memberikan penanggungan kepada pihak ketiga yang merasa dirugikan akibat kelalaian nasabah dalam menjalankan aktivitas bisnis.

Program yang terakhir dari Takaful Umum adalah asuransi proyek, yaitu asuransi yang menanggung kerugian bila sebuah proyek mengalami musibah atau hal apapun yang memberikan kerugian kepada nasabah.

Hampir semua elemen dalam sebuah proyek bisa dilindungi dengan asuransi ini, contohnya:

Untuk Anda yang mungkin bingung, asuransi proyek berbeda dengan asuransi properti. Sebab, asuransi proyek melindungi proyek yang masih berjalan, sedangkan asuransi properti melindungi aset properti yang sudah jadi dan sudah dihuni.

Demikianlah produk-produk asuransi Takaful Umum yang perlu Anda ketahui. Untuk melihat detail polis dari setiap program asuransi, Anda bisa gunakan situs Lifepal.

Terdapat pula fitur untuk membandingkan polis, premi, serta keuntungan dan kekurangan dari setiap progam asuransi.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement