Jumat 01 Apr 2022 13:11 WIB

Kilang Pertamina Internasional Raih TOP Leader on CSR Commitment 2022

Penilaian berdasarkan keselarasan antara program CSR dengan strategi bisnis

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) untuk pertama kalinya meraih penghargaan “TOP Leader on CSR Commitment 2022” dalam ajang TOP CSR Awards yang diselenggarakan Majalah Top Business. (ilustrasi).
Foto: Pertamina
PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) untuk pertama kalinya meraih penghargaan “TOP Leader on CSR Commitment 2022” dalam ajang TOP CSR Awards yang diselenggarakan Majalah Top Business. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) untuk pertama kalinya meraih penghargaan “TOP Leader on CSR Commitment 2022” dalam ajang TOP CSR Awards yang diselenggarakan Majalah Top Business. Tak hanya raih penghargaan “Top Leader on CSR Commitment 2022”, program-program unggulan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PT KPI ukir prestasi dan didapuk telah mencapai level “Sangat Baik” bahkan “Sempurna”.

Penghargaan “Top Leader on CSR Commitment” diberikan atas komitmen Top Management atau Direktur Utama terkait kebijakan implementasi CSR Perusahaan. Ketua Dewan Juri TOP CSR Awards Mas Achmad Daniri menjelaskan penilaian juga didasarkan pada keselarasan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dengan ISO 26000 dan strategi bisnis, penerapan prinsip GCG, serta dampak program TJSL bagi stakeholder.

Baca Juga

Selain komitmen para leaders di PT KPI, lima Unit Operasi PT KPI kembali raih prestasi dalam kategori Top CSR. “Tahun ini, Kilang Pertamina di Plaju berhasil raih penghargaan tertinggi 5 bintang. Artinya, program CSR tersebut berada di level Sangat Ekselen atau sempurna, bahkan layak dijadikan contoh bagi perusahaan lain,” jelas Ifki Sukarya, Corporate Secretary PT KPI.

“Selain Kilang Pertamina di Plaju, Kilang Pertamina di Dumai, Sei Pakning, Cilacap dan Sei Pakning raih penghargaan 4 bintang yang berarti program CSR-nya sudah sangat baik dan bahkan sudah mengintegrasikan Corporate Shared Value,” imbuh Ifki.

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro dalam sambutannya menyampaikan tantangan perusahaan dalam menjalankan program TJSL saat ini. “Ada 3 isu besar sebagai tindak lanjut dari Deputi Meeting Environmental G20, agar dalam melaksanakan program TJSL, perusahaan fokus pada perlindungan keanekaragaman hayati, pengelolaan sampah plastik di perairan, serta efisiensi penggunaan sumber daya konsumsi dan produksi yang berkelanjutan dengan memaskimalkan pemanfaatan daur ulang,” jelasnya.

Sejalan dengan Kementerian KLHK, Corporate Secretary PT KPI Ifki Sukarya mengatakan bahwa PT KPI telah mengambil peran strategis dalam menyokong visi transisi energi yang berbasis lingkungan, sejalan dengan fokus G20 maupun B20. “Kegiatan CSR kami memiliki keselarasan dalam menyokong transisi energi, menciptakan transisi energi yang adil, bahkan menciptakan kolaborasi di tingkat lokal, nasional hingga global,” jelas Ifki.

 Ia melanjutkan, apresiasi ini menambah daftar penghargaan TJSL yang diterima PT KPI selama triwulan pertama di tahun 2022. “Alhamduilillah kami bersyukur atas penilaian seluruh pihak yang berkompeten dalam menchallenge program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dari perencanaan, implementasi, hingga dampaknya bagi masyarakat maupun stakeholders,” jelas Ifki.

Hal ini sejalan dengan prisnip perusahaan dalam mengimplementasikan Environmental Social and Governance (ESG) sebagai praktik terbaik perusahaan dalam pengelolaan lingkungan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kinerja mutu tata kelola.

Top CSR Awards, diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Top Business dan diikuti puluhan perusahaan BUMN dan swasta nasional, Kegiatan ini tdak hanya sekadar ajang pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR yang efektif dan berkualitas saja. Namun juga sebagai sarana pembelajaran bersama bagi para peserta, untuk meningkatkan kualitas program CSR dalam mendukung binsis berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement