Senin 21 Mar 2022 22:02 WIB

Anonymous Gempur Rusia Lewat Serangan Siber

Anonymous menyerang sebagai pembalasan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Topeng Guy Fawkes yang dijadikan simbol wajah grup hacktivist, Anonymous. Anonymous Gempur Rusia Lewat Serangan Siber
Foto: GIZMODO
Topeng Guy Fawkes yang dijadikan simbol wajah grup hacktivist, Anonymous. Anonymous Gempur Rusia Lewat Serangan Siber

IHRAM.CO.ID, MOSKOW -- Kelompok peretas internasional Anonymous meluncurkan serangkaian serangan siber setelah menyatakan perang siber terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin. BBC melaporkan Anonymous menyerang sebagai pembalasan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Peretas menyatakan dalam sebuah tweet pada Jumat (25/2/2022), satu hari setelah invasi Rusia ke Ukraina, bahwa Anonymous secara resmi sedang dalam perang dunia maya melawan pemerintah Rusia. Setelah mengunggah klip video pendek pelanggaran di akun media sosial mereka, peretasan Anonymous di jaringan TV Rusia menarik minat global dan mengumpulkan jutaan pemirsa.

Baca Juga

Rekaman itu menunjukkan program televisi reguler Rusia diinterupsi oleh gambar bom yang meledak di Ukraina dan tentara yang berdiskusi tentang konflik tersebut. “Peretasan bersama-sama #Anonymous terhadap layanan streaming Rusia Wink dan Ivi (seperti Netflix) dan saluran TV langsung Russia 24, Channel One, Moscow 24 untuk menyiarkan cuplikan perang dari Ukraina (hari ini),” kata kelompok peretas tersebut mentweet di samping video, Senin (7/3/2022).

Dilansir dari Al Arabiya, Ahad (20/3/2022), dalam laporan BBC mereka berkata serangan siber itu berdampak, dramatis, dan mudah disebarluaskan secara online. Aksi tersebut mencakup semua ciri peretasan Anonim, tetapi sulit untuk menentukan siapa yang berada di baliknya, seperti halnya serangan siber kolektif lainnya. 

Salah satu kelompok yang lebih kecil dari kolektif mengklaim penghargaan atas pelanggaran tersebut, yang pada dasarnya  mengambil alih jaringan TV Rusia selama 12 menit penuh. Bisnis Rusia Rostelecom yang menjalankan layanan yang diretas, tidak menanggapi permintaan komentar dari BBC.

"Kami akan melanjutkan serangan kami terhadap Kremlin, jika tidak ada yang dilakukan untuk memulihkan perdamaian di Ukraina," kata kelompok itu mengancam, dengan mengklaim Rusia membantai warga Ukraina yang tidak bersalah.

Anonymous juga telah menghapus situs-situs Rusia dan mencuri data pemerintah, termasuk kebocoran database pembangunan dari Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia pada Selasa (1/3/2022). "Mereka mengatakan serangan Anonymous cukup sederhana, tetapi peretasan TV sangat inovatif dan sulit dilakukan," ungkap Lisa Forte, seorang mitra di perusahaan keamanan Red Goat.

Peretas sebagian besar melakukan serangan DDoS, yakni peretas membanjiri layanan dengan aliran permintaan. Ini adalah teknik yang relatif sederhana bagi peretas untuk melakukan serangan dan membuat situs web offline untuk sementara.

Anonymous awalnya muncul di situs web 4chan pada 2003. Semboyan grup ini adalah 'We are legion', dan terkenal karena menggunakan serangan DDoS untuk menargetkan pemerintah, perusahaan, dan organisasi yang dituduh melakukan sensor.

Organisasi ini memiliki sejumlah platform media sosial, memiliki 15,5 juta pengikut di  Twitter. Menurut Forte, peretas kolektif ini juga merusak situs-situs Rusia dengan mengambil alih mereka dan mengubah konten yang ditampilkan. Sejauh ini serangan-serangan telah menyebabkan beberapa kerusakan, tetapi para pakar keamanan siber khawatir akan eskalasinya.

Menanggapi gangguan Anonymous, Emily Taylor dari Cyber Policy Journal mengatakan ia belum pernah melihat yang seperti ini. "Serangan ini memang menimbulkan ancaman. (Mereka) dapat memicu eskalasi, atau beberapa mungkin secara tidak sengaja menyebabkan kerusakan serius pada aspek vital kehidupan sipil," katanya.

Kelompok waspada di Rusia telah meluncurkan serangan siber mereka sendiri di Ukraina, meskipun dalam skala yang jauh lebih kecil. Tiga gelombang besar serangan DDoS terkoordinasi di Ukraina telah terjadi sejak Januari 2022, serta tiga kasus lain dari serangan yang menghapus data pada sejumlah kecil sistem komputer Ukraina.

 

https://english.alarabiya.net/News/world/2022/03/20/Hacktivist-group-Anonymous-launches-series-of-cyberattacks-against-Russia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement