Senin 14 Mar 2022 19:58 WIB

Gandeng UGM, Bantul akan Kembangkan Budidaya Kedelai di Lahan Pasir

Lahan pasir di Bantul yang akan ditanami kedelai kurang lebih 400 hektare.

Petani menggarap lahan pertanian Ganjuran, Bantul, Yogyakarta, Senin (13/7/2020). Bantul akan mengembangkan tanaman kedelai di lahan pasir.
Foto:

Joko mengatakan, pendampingan dengan tim UGM dilakukan bersama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian. Dengan teknologi itu telah terbukti hasil panen mencapai 2,4 ton per hektare.

"Harapan kami nanti bisa lebih tinggi lagi pada musimnya, karena nanti pada Mei penanaman serentak di petani petani, kalau saat ini di luar musim saja produksi bisa 2,4 ton per hektare, nanti pada musimnya lebih tinggi lagi, harapan kami seperti itu," katanya.

Joko mengatakan, total lahan di Bantul yang rencana ditanami kedelai saat ini seluas kurang lebih 400 hektare, tersebar di seluruh Bantul.  Dalam budidaya, para petani mendapat pendampingan dari penyuluh dan fasilitasi sarana seperti bibit kedelai.

"Kami sudah ada bibit, kami punya teman-teman penyuluh di lapangan, kemudian punya pendampingan dari UGM, harapan kami dari seluas 400 hektare lahan yang ada hasil panen bisa meningkat di tahun ini," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement