Selasa 22 Feb 2022 13:29 WIB

Benteng Ghasiba: Asal-usul Pemerintahan Al-Saud

Benteng Ghasiba: Asal-usul Pemerintahan Al-Saud

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Benteng Ghasiba: Asal-usul Pemerintahan Al-Saud
Foto: Arab News
Benteng Ghasiba: Asal-usul Pemerintahan Al-Saud

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Peninggalan yang tersembunyi di bawah sisa-sisa Ghasiba mengungkapkan kehadiran benteng seluas 32.000 meter persegi. Benteng ini dulunya menjadi penjaga pertama yang diketahui dari keluarga kerajaan Al-Saud.

Tidak banyak yang tahu jika Distrik Ghasiba, yang didirikan pada 1446, merupakan pusat pemerintahan keluarga Al-Saud selama lebih dari 300 tahun. Bahkan keberadaannya jauh sebelum situs Warisan Dunia UNESCO At-Turaif di Diriyah ditetapkan sebagai Negara Saudi Pertama pada 1727 .

Baca Juga

Pada pertengahan abad ke-15, Manaa’ Al-Muraide, pemimpin klan suku Al-Duru Banu Hanifa, menempuh perjalanan sulit sejauh 400 kilometer ke Diriyah. Dikenal sebagai “Bapak Keluarga Kerajaan Saudi,” Al-Muraide bermigrasi dari timur ke tengah semenanjung, di mana ia mendirikan Diriyah baru.

Dilansir di Arab News, Selasa (22/2), perjalanan sulit Al-Muraide melintasi semenanjung Arab ke Diriyah menjadi dasar dalam mendirikan Kerajaan dan kekuasaan Al-Saud. Terletak di wilayah utara Diriyah, banyak orang mengabaikan pentingnya Ghasiba dan benteng yang terletak di dalam temboknya.

 

Sejak hampir 600 tahun yang lalu, Ghasiba adalah distrik tertua yang berlokasi di wilayah Najd. Ghasiba adalah pusat pemerintahan antara era Manaa 'Al-Muraide dan hari-hari awal pemerintahan Imam Muhammad bin Saud.

Diriyah dulu memiliki lima distrik, yaitu Ghasiba, Al-Tarfaiya, Al-Mariha, Al-Qusayreen dan At-Turaif. Sebagai rumah bagi aturan pertama keluarga Al-Saud, Ghasiba adalah distrik yang sangat penting dalam sejarah Kerajaan.

Benteng berbentuk segitiga yang melindungi kabupaten ini dibangun di lokasi yang sangat strategis, karena berada di dataran tinggi yang menghadap ke Wadi Hanifa.

Ada tiga sisi yang mengelilingi tembok benteng dengan beberapa sudut kemiringan. Hal ini memberi lebih banyak keamanan dan perlindungan terhadap penyerang dari tentara lawan, termasuk Ottoman.

Gerbang benteng terletak di tengah bagian timur tembok. Salah satu aspek yang sangat unik dari struktur Ghasiba adalah gerbangnya, dimana terbuat dari besi, berbeda dari gerbang lain di zaman itu.

Semua pintu Najdi lainnya di wilayah itu terbuat dari kayu, seperti batang palem dan tanaman semak. Wisatawan yang bermigrasi melalui distrik ini selalu terperangah dan tertarik dengan desain benteng yang unik.

Keluarga kerajaan Al-Saud tinggal di Ghasiba sampai mereka memutuskan untuk mendirikan Negara Saudi Pertama. Mereka melakukan perjalanan melalui Distrik Al-Tarfaiya di Diriyah hingga akhirnya mencapai At-Turaif, di mana mereka mendirikan Negara Saudi Pertama pada 1727.

Setelah keluarga penguasa Al-Saud meninggalkan Ghasiba dan membangun kehidupan mereka di At-Turaif, keluarga Al-Dugathair, suku yang sangat terkenal dan keturunan Bani Hanifa, terus tinggal di sana sampai Benteng Ghasiba dihancurkan oleh Ottoman dalam sebuah serangan.

Sampai hari ini, tiga tembok benteng Ghasiba berisi sisa-sisa istana dan masjid tempat Imam Mohammed bin Saud, imam pertama Negara Saudi Pertama, pernah tinggal.

Pembentukan Negara Saudi Pertama memang terjadi pada 1727. Tetapi asal-usul yang pertama dari keluarga Al-Saud terjadi di distrik utara Diriyah di Ghasiba. Kepemimpinan keluarga Al-Saud dimulai dari distrik ini, yang memberinya arti penting dalam sejarah Kerajaan.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2029131/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement