Ahad 16 Jan 2022 09:00 WIB

Dinas PUPR Depok Normalisasi Kali Pesanggrahan

Dinas PUPR Depok Normalisasi Kali Pesanggrahan.

Rep: Rusdi Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil
Dinas PUPR Depok Normalisasi Kali Pesanggrahan. Foto:  Kondisi tanggul di aliran kali pesanggrahan yang longsor di Kawasan Srengseng, Jakarta Barat, Rabu (18/3). Menurut warga tanggul tersebut sudah longsor sejak dua minggu yang lalu akibat arus kali yang deras dan hingga kini belum dilakukan perbaikan. Prayogi/Republika.
Foto: Prayogi/Republika.
Dinas PUPR Depok Normalisasi Kali Pesanggrahan. Foto: Kondisi tanggul di aliran kali pesanggrahan yang longsor di Kawasan Srengseng, Jakarta Barat, Rabu (18/3). Menurut warga tanggul tersebut sudah longsor sejak dua minggu yang lalu akibat arus kali yang deras dan hingga kini belum dilakukan perbaikan. Prayogi/Republika.

IHRAM.CO.ID,DEPOK--Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok telah menindaklanjuti laporan warga terkait tumpukan sampah di sepanjang Kali Pesanggrahan, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. 

"Kami langsung merespons dengan mengerahkan alat berat berupa Amphibi guna melakukan penanganan. Tumpukan sampah ini selalu terjadi, meskipun DPUPR telah melakukan pengangkatan sampah. Untuk memaksimalkan pembersihan, kami turunkan alat berat berupa Amphibi,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty di Kantor Dinas PUPR Kota Depok, Kamis (14/1).

Baca Juga

Menurut Citra, Kali Pesanggrahan mengalami pendangkalan karena wilayah tersebut berada di cekungan yang paling rendah. Selain itu, kali ini bersebelahan dengan Tempat pembuangan Akhir (TPA) Cipayung yang kondisinya juga sudah melampaui kapasitas atau overload.

"Terkadang sampah yang jatuh ke kali ikut terbawa, sehingga memperparah sampah yang sudah terbawa dari hulu. Kami turunkan satu regu Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan pembersihan. Juga satu unit truk untuk membawa sampah tersebut," terangnya. 

Dia menambahkan, sebelumnya Satgas telah melakukan pembersihan secara manual. Namun,  karena banyaknya sampah yang terus berdatangan, pihaknya tidak mampu membersihkan Kali Pesanggrahan secara menyeluruh.

"Sebelumnya dikerjakan secara manual karena terbatasnya alat berat. Kami imbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali atau sembarangan," tegasnya.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement