Sabtu 25 Dec 2021 22:07 WIB

Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020 Usai Kalahkan Singapura 4-2

Indonesia mengakhiri perlawanan Singapura dengan skor agregat 5-3 di babak semifinal.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pemain Indonesia berkerumun di awal pertandingan leg kedua semifinal AFF Suzuki Cup 2020 antara Indonesia dan Singapura di Singapura, Sabtu, 25 Desember 2021.
Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Para pemain Indonesia berkerumun di awal pertandingan leg kedua semifinal AFF Suzuki Cup 2020 antara Indonesia dan Singapura di Singapura, Sabtu, 25 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,SINGAPURA -- Melewati pertarungan melelahkan timnas Indonesia berhasil mengalahkan tuan rumah Singapura dengan skor 4-2 pada leg kedua Semifinal Piala AFF 2020, yang berlangsung di Nations Stadium, Sabtu (25/12) malam WIB. Praktis, skuad Garuda lolos ke partai final dengan agregat kemenangan 5-3 dari the Lions.

Bermain imbang 2-2 sama hingga 90 menit waktu normal, pun insiden tiga kartu merah, satu eksekusi penalti, serta gol bunuh diri tersaji pada pertemuan dua tim kali ini.

Baca Juga

Dewi fortuna masih berpihak kepada armada Shin Tae-yong. Indonesia sukses keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2 dari tetangga Singapura. Keempat gol Indonesia lahir dari Ezra Walian menit ke-11, Pratama Arhan menit ke-87, gol bunuh diri Shawal Anwar menit ke-91, pun Egy Maulana menit ke-105+2.

Sedangkan dua gol the Lions, Singapura dicatat oleh Song Ui-Youn menit ke-45+4, dan eksekusi tendangan bebas Shahdan Sulaiman menit ke-74.

Praktis kemenangan ini membuat Indonesia lolos ke partai final Piala AFF 2020 menanti salah satu calon lawan yakni Thailand atau Vietnam yang baru keduanya baru akan bermain pada Ahad (26/12) besok malam.

Gol bunuh diri Shawal Anwar menit ke-91 mengakhiri drama pada laga ini. Berawal dari upaya Egy Maulana melakukan penetrasi ke dalam area kotak penalti Singapura.

Bola tembakan Egy Maulan mampu diantisipasi kiper Hassan Sunny yang berujung kemelut di depan bibir gawang, Irfan Jaya dengan sigap melakukan tekanan kepada bek Shawal Anuar yang membuat bola mengalir ke dalam gawang. Indonesia berbalik unggul menjadi 3-2.

Unggul 3-2 membuat Indonesia kembali menemukan kepercayaan diri mereka. Hasilnya, Egy Maulana sukses memperlebar keunggulan Garuda Merah-Putih menjadi 4-2.

Pada babak perpanjangan waktu kedua tak ada gol tercipta dari kedua kesebelasan. Singapura justru kembali menelan pil pahit setelah kiper Hassan Sunny melakukan pelanggaran keras kepada Irfan Jaya menit ke-119.

Alhasil, pertandingan berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia hingga peluit panjang dibunyikan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement