Jumat 24 Dec 2021 05:06 WIB

Infografis Tiga Surat Alquran Membahas Buah Delima

Tiga Surat Alquran Membahas Buah Delima.

Foto: Dok Republika
Tiga Surat Alquran Membahas Buah Delima. Foto: Buah Delima (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,

Tiga Surat Alquran Membahas Buah Delima

Buah delima menjadi salah satu buah yang disebutkan dalam Alquran dan termasuk sebagai salah satu buah yang terdapat di surga kelak. Setidaknya ada tiga ayat yang dalam Alquran yang membahas buah ini.

Surat Al-An'am ayat 99:

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

Surat Al-An'am ayat 141:

Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

Surat Ar rahman ayat 68:

Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.

 

Pengolah: Alkhaledi/Hafil, Ilustrator:

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement