Senin 13 Dec 2021 13:11 WIB

Polda Jateng Kirim Kompi Multifungsi Bantu Penanganan Bencana Semeru

Satuan Brimob Polda Jateng juga diberangtkan ke Lumajang membantu penanganan bencana.

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Erik Purnama Putra
 Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi saat memeriksa personel Polda Jawa Tengah yang diberangkatkan untuk mendukung penanganan bencana erupsi Gunung Semeru, di halaman Mapolda Jawa Tengah, Kota Semarang, Senin (13/12).
Foto: Humas Polda Jateng
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi saat memeriksa personel Polda Jawa Tengah yang diberangkatkan untuk mendukung penanganan bencana erupsi Gunung Semeru, di halaman Mapolda Jawa Tengah, Kota Semarang, Senin (13/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Polda Jawa Tengah (Jateng) mengirimkan personel tambahan untuk membantu penanganan dampak bencana dan identifikasi korban bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Personel yang dikirim juga mendukung pelayanan trauma healing bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.

Kepala Polda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi mengatakan, pihaknya mengirimkan 85 personel kompi multifungsi kepolisian dari sejumlah kesatuan, termasuk di antaranya 36 polisi wanita (polwan) guna membantu penanganan korban terdampak erupsi gunung Semeru. "Ini sebagai bentuk respon terhadap kebutuhan personel penanganan di wilayah terdampak bencana Gunung Semeru," ucap Luthfi di Mapolda Jateng, Kota Semarang, Senin (13/12).

Baca Juga

Tim yang diberangkatkan Polda Jateng, kata dia, merupakan personel multigungsi. Ada tim yang bertindak membantu penyembuhan trauma bagi anak-anak maupun orang tua di lokasi pengungsian, juga personel yang membantu penanganan bencana di Kabupaten Lumajang. Polda Jateng juga mengirimkan mainan untuk anak-anak terdampak erupsi Semeru yang masih tinggal di posko pengungsian.

Selain itu, tim yang berangkat merupakan regu peleton untuk mendukung penanganan kesehatan masyarakat. "Jadi, kita juga kirim obat-obatan dan mainan yang nanti akan kita gunakan kepada masyarakat kita yang terdampak," ucap Luthfi.

Dia melanjutkan, tim Satuan Brimob Polda Jateng yang diberangkatkan ke daerah terdampak bencana, dibagi dalam beberapa unit untuk tugas kemanusiaan. Pengiriman personel ke Kabupaten Lumajang, sebagai bagian dari Operasi Aman Nusa II Polda Jateng dalam rangka membantu menangani bencana.

Sebelumnya, Polda Jateng juga telah mengirimkan tiga tim Disaster Victim Investigation (DVI) yang dipimpin oleh Kabid Dokkes Polda Jateng Kombes Summy Hastry Purwanti pada 6 Desember 2021. Pemberangkatan personel Polda Jateng sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan serta djkungan akibat terdampak bencana.

"Semoga, personel yang kita berangkatkan ke wilayah bencana gunung Semeru mampu memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat di sana," ucap Luthfi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement