Sabtu 11 Dec 2021 12:06 WIB

Polres Majalengka Grebeg Pasar Gelar Vaksinasi Covid-19

Vaksin yang disediakan dalam kegiatan itu sebanyak 400 dosis.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Polres Majalengka melakukan grebeg vaksinasi Covid-19 di Pasar Kadipaten, Jumat (10/12).
Foto: Lilis Sri Handayani
Polres Majalengka melakukan grebeg vaksinasi Covid-19 di Pasar Kadipaten, Jumat (10/12).

REPUBLIKA.CO.ID,MAJALENGKA -– Jajaran Polres Majalengka terus melakukan kegiatan Grebeg Vaksinasi Covid-19. Hal itu dilakukan guna tercapainya percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Majalengka.

Kali ini, Grebeg Vaksinasi Covid-19 dilakukan di Pasar Kadipaten Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Jumat (10/12). Dibantu unsur TNI, tenaga kesehatan dan Sat Pol PP, polisi berkeliling ke dalam pasar melakukan pengecekan kepada para pedagang maupun pengunjung pasar.

Baca Juga

Kepada pedagang maupun pengunjung pasar itu, petugas menanyakan kartu vaksinasi, KTP, ataupun aplikasi Peduli Lindungi. Jika mereka tidak membawa kartu identitas tersebut, maka petugas menyiapkan alat bantu berupa Mobile Automatic Multi Biometrik Identification System (MAMBIS).

‘’Cukup hanya dengan sidik jari, nanti akan muncul data. Kemudian data tersebut dimasukan ke aplikasi Peduli Lindungi sehingga otomatis akan tampil data yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin,’’ ujar Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi, melalui Kapolsek Kadipaten, Kompol Sukanto, di sela kegiatan Grebeg Vaksinasi Covid-19 di Pasar Kadipaten.

Sukanto mengungkapkan, kegiatan Grebeg Vaksinasi Covid 19 itu bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi Covid 19 di wilayah Kabupaten Majalengka. Kegiatan tersebut menyasar pusat-pusat keramain public, salah satunya pasar.

Adapun vaksin yang disediakan dalam kegiatan itu sebanyak 400 dosis.

‘’Kami berharap masyarakat juga mendukung vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, kami juga meminta mereka tetap mematuhi protokol kesehatan,’’ tukas Sukanto.

Tak hanya di Pasar Kadipaten, Grebeg Vaksinasi Covid-19 juga dilakukan di pasar-pasar lainnya. Salah satunya di Pasar Cigasong, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka.

Kabag Ops Polres Majalengka, Kompol Firman Taufik, mengatakan, Grebeg Vaksinasi Covid-19 juga dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat  dalam mengakses lokasi vaksinasi.

‘’Seperti misalnya di pasar, para pedagang tidak bisa meninggalkan tempat dagangannya untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. Karena itulah, kami yang datang untuk memberikan layanan vaksinasi,’’ cetus Firman.

Firman menyebutkan, sedikitnya ada 500 dosis vaksin yang disediakan bagi pedagang maupun pengunjung Pasar Cigasong. Dia bersyukur, masyarakat yang menajdi sasaran dalam kegiatan itu antusias melaksanakan vaksinasi dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan tersebut.

Firman menambahkan, percepatan vaksinasi Covid 19 menjadi atensi pimpinan Polda Jawa Barat. Kapolda Jawa Barat pun sudah mengintruksikan jajarannya untuk melaksanakan vaksinasi di pusat keramainan atau tempat publik, salah satunya pasar.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, hingga Kamis (9/12), capaian vaksinasi dosis 1 di Kabupaten Majalengka mencapai 695.794 orang (66 persen), capaian dosis 2 sebanyak 452.870 orang (43 persen) dan capaian dosis 3 sebesar 3.017 orang (0,29 persen).

Sedangkan khusus untuk lansia, capaian vaksinasi dosis 1 mencapai 68.206 orang (54 persen) dan capaian dosis 2 sebanyak 37.386 orang (30 persen).

Pemkab Majalengka pun terus menggenjot percepatan pencapaian target vaksinasi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Bupati Majalengka, Karna Sobahi, melalui Surat Edaran Nomor 443.1/1992/BPBD tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Wilayah Kabupaten Majalengka.

‘’Lakukan percepatan pencapaian target vaksinasi, terutama lansia, sampai akhir Desember 2021,’’ tandas Karna dalam surat edaran tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement