Kamis 02 Dec 2021 16:27 WIB

Parpol Mana Bakal Menampung Ridwan Kamil?

Partai politik mengaku membuka diri jika Ridwan Kamil ingin bergabung.

Rep: Wahyu Suryana, Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus raharjo
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan siap masuk partai politik pada tahun depan.
Foto: Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan siap masuk partai politik pada tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku siap masuk partai politik tahun depan untuk menegaskan posisinya ikut dalam ajang Pilpres 2024. Selain untuk Pilpres 2024, Ridwan Kamil (Emil) juga berhitung untuk ikut pemilihan Gubernur Jawa Barat periode kedua.

Walau tidak menyebut secara jelas partai mana yang akan dipilih, ia menyatakan, partai itu memiliki citra pancasilais. Emil mengaku cukup tahu diri jika tidak ada partai yang mengusung, rencana politiknya cuma melanjutkan ke Pilgub Jabar.

Baca Juga

"Tapi, tahun depan saya akan masuk parpol. Saya belum tahu. Yang pasti paling pancasilais, saya di situ," kata Emil dalam diskusi Fisipol Leadership Forum: Road to 2024 yang digelar Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (2/12).

Ia menuturkan, calon partai yang akan dipilih yang selama ini memiliki citra yang kuat ke ideologi Pancasila. Itu sebagai bentuk politik jalan tengah agar ia bisa diterima masyarakat dan kebutuhan kita hari ini memang untuk merangkul. "Agar tidak terlalu ke kanan dan ke kiri, meski dianggap tidak jelas," ujar Emil.

Terkait peluang untuk dicalonkan atau tidak, Emil mengaku hanya akan menunggu karena yang memiliki legitimasi untuk bisa mencalonkan merupakan parpol itu sendiri. Karenanya, ia menunggu pemegang kunci parpol itu membukakan pintu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement