Selasa 30 Nov 2021 05:05 WIB

Inggris akan Percepat Vaksinasi Covid-19 Booster

Setelah temuan varian Omicron, Inggris mempercepat vaksinasi booster

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Setelah temuan varian Omicron, Inggris mempercepat vaksinasi booster. Ilustrasi.
Foto: REUTERS/CARL RECINE
Setelah temuan varian Omicron, Inggris mempercepat vaksinasi booster. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Inggris akan merilis panduan baru untuk memperluas dan mempercepat vaksinasi Covid-19 dosis booster. Langkah itu diambil setelah negara tersebut menemukan kasus varian Omicron.

The Joint Committee on Vaccination and immunization sudah diminta mengurus dosis booster warga berusia di bawah 40 tahun. Komite itu pun diminta mengurangi kesenjangan waktu pemberian vaksin antara dosis kedua dan booster. “Kami menunggu saran itu. Saya harap itu akan muncul, semoga nanti hari ini,” kata Menteri Kesehatan Junior Inggris Edward Argar saat diwawancara Sky News, Senin (29/11).

Baca Juga

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Sabtu (27/11) telah memerintahkan kembali kewajiban mengenakan masker di ruang publik, termasuk di transportasi umum. Selain itu, Johnson memerintahkan agar semua kedatangan internasional mengikuti tes polymerase chain reaction (PCR) pada akhir hari kedua mereka. Setelah itu, mereka harus menjalani masa isolasi hingga menerima hasil negatif.

Johnson mengatakan langkah-langkah pencegahan sementara itu bakal ditinjau dalam tiga pekan. Dia mencurigai varian Omicron memiliki kemampuan untuk menyebar sangat cepat, bahkan di antara orang-orang yang telah divaksinasi. Inggris telah mengonfirmasi penemuan dua kasus Omicron pada Sabtu pekan lalu. Kedua pasien yang terinfeksi varian tersebut sempat melakukan perjalanan ke Afrika bagian selatan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan sejauh ini belum ada bukti bahwa Covid-19 varian Omicron memiliki sifat lebih menular dibandingkan varian lain. Dalam hal gejala, Omicron pun kesamaan dengan lainnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement