Sabtu 27 Nov 2021 19:12 WIB

Hujan Deras Picu Pohon Tumbang Timpa Warung di Kota Batu

BPBD melaporkan, hujan intensitas tinggi juga picu tanah longsor di Oro-Oro Ombo.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas memotong pohon tumbang di jalanan karena terempas angin kencang (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Mohamad Hamzah
Petugas memotong pohon tumbang di jalanan karena terempas angin kencang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Batu, Jawa Timur pada Sabtu (27/11) sekitar pukul 13.35 WIB, menyebabkan pohon tumbang dan menimpa warung yang berada di Jalan Diponegoro, Desa/Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang menyebabkan pohon trembesi dengan diameter 1,5 meter dan tinggi 15 meter tumbang, yang menimpa sebuah warung.

Baca Juga

"Pohon trembesi dengan diameter 1,5 meter dan tinggi 15 meter tumbang menimpa Warung Oranye," kata Agung di Kota Batu, Sabtu. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

Hanya saja, arus lalu lintas sempat terhambat karena pohon tumbang menutup akses Jalan Diponegoro. Warung milik Yulia Laranta tersebut atapnya rusak, dan membuat perabotan dapur yang digunakan untuk berjualan, termasuk dinding warung hancur.

"Selain itu juga ada kerusakan pada jaringan listrik dan Telkom. Pohon tumbang tersebut juga menyebabkan lalu lintas warga terganggu," kata Agung.

BPBD Kota Batu bersama kepolisian, termasuk para relawan telah melakukan pembersihan potongan pohon tumbang dan juga melakukan pembenahan serta pemeriksaan jaringan listrik. "Kami berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk melakukan pemotongan pohon tumbang dan pembersihan material," ujar Agung.

Selain pohon tumbang yang menimpa sebuah warung tersebut, BPBD Kota Batu juga melaporkan adanya bencana tanah longsor di Jalan Kelengkeng, Dusun Krajan, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu. Tanah longsor tersebut menyebabkan dinding dapur, sebagian atap, dan plengsengan yang berada di dekat rumah salah seorang warga mengalami kerusakan.

Tanah longsor tersebut terjadi kurang lebih pada pukul 16.00 WIB akibat hujan dengan intensitas tinggi. "Rekomendasi yang kami sampaikan adalah pembangunan segera plengsengan samping rumah, pemberian bantuan peralatan dapur dan bantuan terpal serta logistik," kata Agung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement