Sabtu 27 Nov 2021 09:28 WIB

Gubernur Lampung Buka MTQ ke-48

MTQ ke-48 diikuti 594 peserta

Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 Provinsi Lampung, di Islamic Centre Rajabasa Bandarlampung, Jumat (26/11) malam. Arinal mengatakan bahwa MTQ merupakan agenda yang digelar rutin setiap tahun. Namun, akibat pandemi Covid-19, pelaksanaan yang ke-48 baru bisa dilaksanakan pada tahun ini.

Menurutnya, selain sebagai ajang kompetisi, MTQ juga menjadi ruang silaturahmi bagi para pencinta Alquran.

"MTQ itu juga sebagai momentum mengembangkan pembacaan, penghafalan, penulisan, penyebaran makna dari ayat-ayat Alquran," ujarnya.

Arinal mengatakan bahwa program Lampung mengaji harus pula terus digalakkan untuk terus memupuk kecintaan generasi kepada Alquran.

 

"Lampung mengaji harus digalakkan mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga nasional," ujarnya.

Arinal berharap, agenda tersebut mampu melahirkan pembaca dan penghafal Alquran, serta peserta yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

"Semua harus bersinergi untuk membangun Lampung berjaya dalam membangun masyarakat yang religius," kata dia.

Ketua UMUM Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Qudratul Ikhwan mengungkapkan, kegiatan tersebut diikuti 594 peserta. Peserta akan dinilai oleh 114 dewan hakim dan 11 pengawas.Kegiatan MTQ ini dibagi menjadi tiga klaster yakni Islamic Center, Asrama Haji, dan Perguruan Al-Kautsar.

Pihaknya juga telah bekerjasama dengan RSUD Abdoel Moeloek, RS Pertamina Bintang Amin, RSJD Provinsi Lampung, dan RS Bumi Waras untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para peserta.

"Kami berharap kegiatan ini berlangsung secara khidmat meski dalam situasi pandemi Covid-19," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement