Selasa 09 Nov 2021 00:20 WIB

Aneh Tapi Nyata: Bayi Prematur Brasil Lahir Punya Ekor

Ekor bayi di Brasil itu telah dibuang melalui operasi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi bayi baru lahir.
Foto: Pexels
Ilustrasi bayi baru lahir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang bayi laki-laki di Brasil lahir dengan kondisi tidak biasa. Bayi yang lahir prematur pada usia 35 minggu ini memiliki ekor di salah satu bokongnya.

Kasus tersebut dipublikasikan melalui laporan di Journal of Pediatric Surgery Case Reports. Bayi yang lahir dengan penyakit kuning itu memiliki ekor sepanjang 12 cm dengan ujung gumpalan daging seperti bola.

Baca Juga

Ekor bayi tersebut berhasil diangkat tanpa komplikasi di Rumah Sakit Anak Sabin di kota Fortaleza, Brasil. Laporan itu juga menggambarkan bahwa selama kehamilan, sang ibu kerap menghisap 10 batang rokok per hari dan memiliki infeksi saluran kemih selama trimester pertama.

"Selama kehamilan, sang ibu tidak minum alkohol atau menggunakan obat-obatan terlarang, tetapi merokok 10 batang per hari," tulis laporan itu seperti dilansir Fox News, Senin (8/11).

 

Penulis jurnal mencatat, sejauh ini baru ada 40 kasus bayi yang pernah dilaporkan terlahir dengan ekor. Faktanya, sekitar minggu keempat kehamilan, mayoritas janin mulai menumbuhkan ekor saat di dalam rahim, tetapi biasanya menghilang pada minggu berikutnya.

Sebagai pengganti, ekor itu berubah menjadi tulang ekor. Karena sistem saraf dan kulit berasal dari embrio yang sama, tim dokter juga melakukan pemeriksaan ultrasound.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement