Sabtu 16 Oct 2021 19:36 WIB

FAO Sebut 40 Persen Populasi tak Miliki Akses Makanan Sehat

FAO memandang masih ada sistem pertanian yang tidak setara di Indonesia.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Dwi Murdaningsih
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto: Flickr
Makanan sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mendesak sistem pertanian pangan yang lebih baik di Indonesia. Hal ini dikemukakan bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia (World Food Day) yang kedua kalinya diperingati di kala pandemi Covid-19.

Perwakilan FAO di Indonesia Rajendra Aryal menjelaskan, sistem pertanian pangan berkelanjutan adalah sebuah sistem di mana berbagai makanan yang  bergizi, seimbang, dan aman tersedia dengan harga yang terjangkau untuk semua orang. Pada situasi itu tidak ada yang kelaparan atau menderita kekurangan gizi atau obesitas dalam bentuk apa pun.

Baca Juga

"Hidup kita bergantung pada sistem pertanian pangan. Setiap kali kita makan, kita berpartisipasi dalam sistem dan makanan yang kita pilih dan cara kita memproduksi, menyiapkan, memasak, dan menyimpannya menjadikan kita bagian yang tak terlepas dari sistem pertanian pangan," ujar Rajendra Aryal dalam keterangan resmi yang diterima Republika, Sabtu (16/10).

Pandemi memang telah memicu resesi ekonomi yang hebat, menghambat akses pangan, dan mempengaruhi seluruh sistem pertanian pangan. Namun bahkan sebelum pandemi, kelaparan terus berlangsung, seperti gizi buruk dan jumlah orang kelaparan meningkat di seluruh dunia.

 

Saat ini, lebih dari tiga miliar orang (hampir 40 persen populasi dunia) tidak mempunyai akses terhadap makanan sehat. Sebanyak 811 juta orang kekurangan gizi di dunia dan sebaliknya, 2 miliar orang dewasa kelebihan berat badan atau obesitas karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Di Indonesia, jumlah orang dewasa yang obesitas meningkat dua kali lipat selama dua dekade terakhir. Seiring dengan itu, obesitas pada anak juga meningkat. Di sisi lain, 27,67 persen anak di Indonesia di bawah usia 5 tahun mengalami stunting, atau terlalu pendek untuk usia mereka. Angka stunting ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan angka rata-rata di kawasan Asia. 

Statistik yang kontras ini menunjukkan sistem pertanian pangan saat ini tidak setara dan tidak adil. Sistem yang mencakup perjalanan makanan dari lahan pertanian ke meja makan, termasuk saat ditanam, dipanen, diproses, dikemas, diangkut, didistribusikan, diperdagangkan, dibeli, disiapkan, dimakan, dan dibuang mendesak untuk berubah menjadi sistem yang lebih berkelanjutan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement